Jelajah Kopi Enrekang Ajang Pertemuan Petani dan Penikmat Kopi di Sulsel

Petani kopi hingga penikmat kopi di Sulawesi Selatan akan disuguhkan dengan sebuah event bertajuk Jelajah Kopi Enrekang. Event yang digagas Komunitas Pejuang Kopi Arabika Kalosi Enrekang (KPK AKE) ini akan digelar pada 29-30 September 2018.
Andini Ristyaningrum | 24 September 2018 20:00 WIB
Kopi - Istimewa

Bisnis.com, MAKASSAR -- Petani kopi hingga penikmat kopi di Sulawesi Selatan akan disuguhkan dengan sebuah event bertajuk Jelajah Kopi Enrekang. Event yang digagas Komunitas Pejuang Kopi Arabika Kalosi Enrekang (KPK AKE) ini akan digelar pada 29-30 September 2018.

Ketua Panitia Jelajah Kopi Enrekang, Agil Valentino Sabir mengatakan, kegiatan ini dibuka untuk umum bagi siapa saja yang ingin mengenal lebih dekat proses pengolahan kopi.

"Ini akan mempertemukan petani sebagai produsen kopi beras, roaster sebagai produsen kopi sangrai, barista sebagai penyeduh, dan penikmat kopi sebagai konsumen hingga owner coffee shop yang tersebar di Sulsel," jelas Agil, Senin (24/9/2018).

Event yang akan berpusat di Dusun Gura, Desa Buntu Mondong, Enrekang ini berkonsep trip kebun kopi. Nantinya para peserta akan menjelajah kebun kopi di kawasan Buntu Tembo' di Dusun Gura.

Peserta nantinya akan camping di kebun kopi tersebut. Bagi peserta yang membawa peralatan camping akan siarahkan ke puncak Buntu Tembo'. Sementara yang tidak membawa peralatan camp akan disiapkan tempat menginap di sekitar lokasi kegiatan.

"Lokasi yang dipilih itu letaknya di tengah-tengah wilayah penghasil kopi yang sangat mudah diakses dengan suguhan pemandangan alam yang indah hingga puncak bukitnya," ungkap Agil.

Dijelaskan Agil, kawasan tersebut juga berada di ketinggian antara 1388 - 1521 meter dari permukaan laut (Mdpl), sehingga dinilai sangat pas untuk menjelajah karakter cita rasa autentik dari masing-masing varietas.

Selain itu Jelajah Kopi Enrekang ini digelar untuk mengajak para penikmat kopi melihat langsung bagaimana proses budidaya kopi secara langsung di kebun. Sekaligus menambah wawasan petani mengenai cita rasa kopi olahan mereka.

"Ini juga menjadi sarana edukasi antara petani, roaster, barista, pemilik atau pengelolah coffee shop dan penikmat kopi terhadap tingkatan mutu kopi berbagai olahan dan pengaruhnya terhadap cita rasa hasil seduhan," terang Agil.

Pada event ini KPK AKE akan melakukan pendataan keanekaragaman varietas arabika yang tersebar di Enrekang secara umum.

Berbagai item kegiatan juga akan turut menyemarakkan Jelajah Kopi Enrekang seperti, pemutaran film biji kopi Indonesia (Aroma Of Heaven), lomba photo on the spot, melihat cara sangrai dan cupping kopi olahan petani lokal.

Bagi masyarakat yang ingin merasakan keseruan Jelajah Kopi Enrekang bisa melakukan pendaftaran dengan biaya sebesar Rp150 ribu. Para peserta akan mendapatkan fasilitas berupa konsumsi selama kegiatan, kopi kemasan, baju kaos, dan stiker kegiatan.

Tag : sulsel, kopi
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top