Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelindo III Bakal Produksi Peti Kemas Mini

PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III berencana memproduksi Minicon atau peti kemas mini sebagai sebuah inovasi logistik yang praktis karena memiliki ukuran 1/3 lebih kecil dari peti kemas pada umumnya.
Refleksi tumpukan peti kemas/ANTARA-Iggoy el Fitra
Refleksi tumpukan peti kemas/ANTARA-Iggoy el Fitra

Bisnis.com, SURABAYA – PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III berencana memproduksi Minicon atau peti kemas mini sebagai sebuah inovasi logistik yang praktis karena memiliki ukuran 1/3 lebih kecil dari peti kemas pada umumnya.

Engineering and ICT Director Pelindo III, Husein Latief menjelaskan Minicon tersebut digarap melalui anak usahanya yakni PT Pelindo Marine Service (PMS) dengan menggandenga Semen Indonesia Logistik (Silog) yang berpengalaman dalam bidang fabrikasi baja.

“Minicon ini merupakan inovasi sebagai solusi atas permasalahan di lapangan pada industri layanan logistik kita. Nantinya 3 Minicon ini dapat dimuat sekaligus ke dalam satu peti kemas berukuran 20 TEUs,” jelasnya dalam rilis, Rabu (29/8/2018).

Dia menjelaskan, MiniCon dalam peti kemas dapat dibongkar langsung saat mencapai distribution center sehingga bisa langsung diangkut ke dalam truk. Keberadaan Minicon tersebut diyakini mampu menghapus biaya pekerja dan handling di gudang lokal.

“Diharapkan pada skenario terbaik proses distribusi bisa lebih cepat 2-3 hari, sehingga pengiriman door to door juga lebih cepat. Biaya logistik pun lebih efisien di daerah-daerah yang cocok mengimplementasikan MiniCon,” jelasnya.

Direktur Keuangan Silog, Retno Sulistyowati menambahkan, produksi MiniCon merupakan kerja sama kedua di antara Pelindo III dan Silog. Sebelumnya sudah terjalin di bidang angkutan.

"Kami beharap ada kerja sama selanjutnya, Silog siap di bidang forwarding, pelayaran, dan distribusi semen. Semoga sinergi BUMN ini bermanfaat bagi bangsa," ujarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper