Pacu Wisatawan, Tabanan Gelar Tanah Lot Art & Food Festival

Badan Pengelola Daerah Tujuan Wisata (DTW) Tanah Lot di Tabanan, Bali, bakal menggelar Tanah Lot Art and Food Festival 2 selama pada 18 – 20 Agustus 2018.
Ema Sukarelawanto | 10 Agustus 2018 19:21 WIB
Wisatawan sedang mengabadikan Daya Tarik Wisata Tanah Lot, Bali. - Bisnis.com/Feri Kristianto

Bisnis.com, TABANAN – Badan Pengelola Daerah Tujuan Wisata (DTW) Tanah Lot di Tabanan, Bali, bakal menggelar Tanah Lot Art and Food Festival 2 selama pada 18 – 20 Agustus 2018.

Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti mengatakan festival ini menyuguhkan potensi budaya Tabanan dan menyajikan pameran produk usaha mikro, kecil, dan menengah.

“Presiden kelima Ibu Megawati Soekarnoputri berencana hadir pada saat penutupan festival ini,” ungkapnya pada Jumat (10/8/2018).

Selama 3 hari festival, sejumlah kegiatan kreatif bakal digelar di antaranya pergelaran kolosal Tari Rejang Sandat Ratu Segara yang dibawakan oleh 1.800 penari.

Tari ini disesuaikan dengan tema festival ‘Bhakti Pujaning Segara’ yang berarti persembahan tulus kepada laut. Selain itu, digelar aneka musik dan berbagai jenis hiburan di destinasi paling ramai dikunjungi wisatawan di Tabanan itu.

Festival juga akan dimeriahkan sejumlah artis lokal dan nasional serta didukung 11 desa adat untuk menampilkan potensi budaya andalan selama festival berlangsung.

Bupati Eka mengatakan selain menyasar kenaikan kunjungan wisatawan ke Tanah Lot, festival ini juga menjadi ajang promosi bagi aneka produk usaha mikro, kecil dan menengah.

“Promosi harus jalan terus, tak boleh berhenti. Apalagi festival telah membuktikan mampu menarik 48.000 wisatawan selama 3 hari dari hari biasa yang hanya sekitar 5.000 orang per hari. Saya berharap kunjungan pada festival kedua ini meningkat signifikan,” ucapnya.

Festival kedua kali ini juga diarahkan sebagai ajang pelestarian seni budaya dan pengenalan potensi daerah terutama kuliner, di antaranya mengangkat menu kuwir (bebek) sebagai identitas kuliner Tabanan.

Sebanyak 10 stand UMKM dan 10 stand kuliner potensial akan menampilkan produk dan menu terbaik. Tak ketinggalan 10 barista terbaik akan menyajikan produk kopi Tabanan yang cukup digemari di kalangan penggemar kopi.

Tag : Tanah Lot, pariwisata
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top