Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nilai Indeks Tendensi Konsumen Jateng Triwulan II 2018 sebesar 126,73

Nilai Indeks Tendensi Konsumen (ITK) di Jawa Tengah pada Triwulan II-2018 sebesar 126,73 yang berarti bahwa kondisi ekonomi rumah tangga di Jawa Tengah mengalami peningkatan dibandingkan triwulan sebelumnya.

Bisnis.com, SEMARANG- Nilai Indeks Tendensi Konsumen (ITK) di Jawa Tengah pada Triwulan II-2018 sebesar 126,73 yang berarti bahwa kondisi ekonomi rumah tangga di Jawa Tengah mengalami peningkatan dibandingkan triwulan sebelumnya. 

Kepala Bidang Neraca Wilayah dan Analisis Statistik Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Tengah, Samiran mengatakan, tiga hal yang mendorong peningkatan ini adalah meningkatnya volume konsumsi barang dan jasa dengan indeks 133,52, peningkatan pendapatan dengan indeks 128,13, dan kurang berpengaruhnya inflasi terhadap total pengeluaran rumah tangga yang tergambar dari indeks 119,82. 

"Nilai tersebut merupakan yang terbesar pada beberapa tahun terakhir," kata Samiran, Senin (6/8/2018).

Sedangkan, kata Samiran, nilai ITK Jawa Tengah pada Triwulan Ill-2018 diperkirakan sebesar 94,00, artinya kondisi ekonomi dipersepsikan oleh konsumen mengalami penurunan dibandingkan triwulan II-2018. 

"Faktor yang mempengaruhinya adalah pesimisme rumah tangga untuk mendapatkan pendapatan yang lebih tinggi yang ditunjukkan dengan indeks pendapatan mendatang sebesar 97,09," ujarnya.

Sementara itu lanjutnya, rumah tangga memiliki persepsi bahwa pada periode mendatang pembelian barang tahan lama, rekreasi, dan pesta/hajatan juga akan mengalami penurunan ditunjukkan oleh indeks pembelian barang tahan lama, rekreasi, dan pesta/hajatan sebesar 88,59.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler