Tiket Pesawat Mahal, Penumpang Pilih Gunakan Kapal Laut

Masih mahalnya harga tiket pesawat menuju Banjarmasin dari Surabaya membuat peningkatan jumlah penumpang kapal laut hingga lima kali lipat dari kondisi biasanya.
Arief Rahman | 23 Juli 2018 21:36 WIB
Penumpang memasuki kapal ferry yang sedang berlabuh. - Antara/Kornelis Kaha

Bisnis.com, BANJARMASIN—Masih mahalnya harga tiket pesawat menuju Banjarmasin dari Surabaya membuat peningkatan jumlah penumpang kapal laut hingga lima kali lipat dari kondisi biasanya.

Kepala Cabang Banjarmasin PT Dharma Lautan Utama Anton Wahyuddin mengatakan setiap kedatangan kapal roro dari Surabaya di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, tercatat ada penumpang antara 500 – 700 orang. “Padahal dalam kondisi biasa jumlah penumpang yang diangkut hanya sekitar 100 orang,” ujarnya, Senin (23/7/2018).

Berdasarkan pantauan melalui situs pembelian tiket online, harga tiket pesawat dibanderol minimal Rp900.000-an per orang untuk sekali jalan. Sementara itu, tiket kapal laut hanya dijual seharga Rp280.000 per orang sekali jalan.

“Selain itu, banyak pula penumpang yang membawa kendaraan saat ke Pulau Jawa sehingga lebih praktis menggunakan kapal laut,” katanya.

Anton menambahkan arus balik saat Idulfitri di Banjarmasin memang kerap lebih panjang dibandingkan dengan daerah lain. Tak jarang, imbuhnya, arus balik terjadi hingga momen Iduladha. Hal itu karena sebagian pemakai jasa angkutan laut kebanyakan adalah pedagang dan buruh perkebunan sehingga mereka bisa lebih leluasa menentukan kapan untuk kembali bekerja di Banjarmasin.

Terkait angkutan barang, aktivitas pengangkutan sudah mulai normal dengan rata – rata pengangkutan antara 35 – 40 ton per pengangkutan. "Kalau dari Surabaya ke Banjarmasin jenis barangnya yang diangkut adalah bahan bangunan hingga sayuran. Sedangkan dari Banjarmasin ke Surabaya adalah kayu dan rongsokan," jelasnya.

Tag : banjarmasin
Editor : Rachmad Subiyanto

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top