Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MUDIK LEBARAN 2018: Pelindo III Antar 16.502 Pemudik Kapal Laut Hingga ke Kampung Halaman

PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) menyatakan jumlah pemudik yang diberangkatkan pada libur IdulFitri tahun ini melebihi target semula.
Penumpang turun dari Kapal Pelni KM Labobar saat tiba di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur, Senin (11/6/2018)./ANTARA-Moch Asim
Penumpang turun dari Kapal Pelni KM Labobar saat tiba di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur, Senin (11/6/2018)./ANTARA-Moch Asim

Bisnis.com, JAKARTA – PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) menyatakan bahwa jumlah pemudik yang diberangkatkan pada libur Idulfitri tahun ini melebihi target semula.

Tidak hanya memastikan pemudik yang tiba di pelabuhan dapat terfasilitasi dengan aman dan nyaman, Pelindo III juga mengantarkan 16.502 pemudik hingga ke kampung halamannya pada libur Idulfitri tahun ini.

BUMN operator pelabuhan tersebut memberangkatkan pemudik yang tiba di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang ke 12 kota tujuan bersinergi dengan Pelni dan Perum Damri dengan menggunakan puluhan armada bus eksekutif.

CEO Pelindo III Ari Askhara mengungkapkan rasa syukur atas lancarnya pelaksanaan Program Mudik Gratis Bareng Pelindo III yang sejalan dengan amanah Presiden agar kementerian, lembaga, dan BUMN untuk bekerja sama mendukung mudik tahun ini dengan motto Mudik Bareng Guyub Rukun.

"Dari target semula 14.000 orang, tercapai 16.502 orang pemudik jalur laut. Mereka kebanyakan dari masyarakat kelas menengah ke bawah, bisa selamat dan nyaman diantar sampai ke terminal terdekat di kampung halamannya," ujarnya seperti dikutip lewat keterangan tertulis, Minggu (17/6/2018).

Ari Askhara juga menambahkan bahwa Program Mudik Gratis Bareng Pelindo III merupakan wujud konkret dari transformasi perusahaannya untuk berkomitmen menjalankan bisnis dengan mengutamakan aspek kemanusiaan.

"Pelindo III kini mengusung slogan Beyond Port of Indonesia, jadi menyediakan 14.000 kursi bus gratis menjadi bentuk beyond services atau pelayanan pelabuhan yang lebih bermanfaat lagi bagi masyarakat. Harapannya 'BUMN Hadir Untuk Negeri' semakin terasa," tambahnya.

Sejumlah pemudik menyampaikan testimoni dan harapannya terkait program Mudik Gratis tersebut. Testimoni untuk layanan tersebut terlihat pada SMS Center Mudik Gratis yang dikelola Pelindo III.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Pelindo III dan Perum Damri yang telah (memberikan) gratis bus mudik lebaran hari ini. Kami merasa puas atas jamuannya dan driver yang sangat bagus dan hati-hati," tulis Mashudi, pemudik tujuan Saradan, Madiun.

Sementara itu, harapan agar program serupa diadakan lagi di tahun depan terungkap pada SMS dari pemudik yang tidak menyebutkan namanya.

"Terima kasih Pelindo III. Adanya program mudik gratis dari Pelindo III sangat membantu, khususnya bagi kawulo alit (masyarakat kecil) dari Jogja seperti aku. Semoga tahun-tahun depan ada lagi mudik gratis seperti ini," tulisnya.

Corporate Secretary Pelindo III Faruq Hidayat menambahkan, berdasarkan catatan Pelindo III, sesuai yang diprediksikan bahwa mayoritas pemudik dari Pelabuhan Tanjung Perak mengambil bus gratis dengan rute Surabaya-Madiun sebanyak 2.843 pemudik dan rute Surabaya-Jember 2.546 pemudik.

Sedangkan untuk keberangkatan bus gratis dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang rute dengan pemudik terbanyak yaitu Semarang-Wonosobo dengan 931 pemudik dan Semarang-Purworejo dengan 834 pemudik.

"Puncak arus mudik gratis di kedua pelabuhan terjadi pada tanggal 11 Juni. Di Tanjung Perak dalam satu hari sandar 3 kapal, yakni KM Labobar, KM Awu, dan KM Niki Barokah dengan peserta mudik gratis mencapai 1.824 orang. Kemudian di Tanjung Emas sandar KM Leuser dengan peserta mudik gratis sebanyak 517 orang," paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ropesta Sitorus
Editor : Riendy Astria
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper