Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

8 Jurus Beli Mobil dan Motor di IIMS 2018

Membeli kendaraan baru, mobil dan motor di ajang Indonesia International Motor Show 2018 (IIMS 2018) adalah saat yang tepat.
Pengunjung melihat-lihat produk yang dipamerkan pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 di Jakarta, Kamis (19/4/2018)./JIBI-Dwi Prasetya
Pengunjung melihat-lihat produk yang dipamerkan pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 di Jakarta, Kamis (19/4/2018)./JIBI-Dwi Prasetya

Bisnis.com, JAKARTA - Membeli kendaraan baru, mobil dan motor di ajang Indonesia International Motor Show 2018 (IIMS 2018) adalah saat yang tepat.

Pada momen ini, hampir mayoritas pabrikan memberikan potongan harga dan sejumlah promosi yang menggiurkan seperti hadiah langsung. Meski begitu, ada beberapa hal mesti diperhatikan supaya tidak kecewa.

Pembeli wajib teliti dan memperhitungkan segala hal agar tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan. Banyaknya promosi bagi sebagian konsumen justru membuat tergiur dan tidak sesuai budget maupun kebutuhan.

Apalagi mendekati hari-hari terakhir pameran, pabrikan akan lebih jor-joran untuk mengejar target penjualan.

Oleh sebab itu, perhatikan hal-hal berikut ini supaya Anda tidak kecewa lantaran salah pilih mobil idaman di pameran. Hal ini juga berlaku untuk Anda yang berniat beli motor. Simak kiatnya yang dikutip dari indonesiamotorshow.com:

1. Perhatikan kebutuhan
Perhatikan dulu, apa kebutuhan Anda membeli mobil. Dari situ baru bisa dilihat, mobil jenis apa yang akan dipinang. Apakah mobil tersebut untuk keluarga atau hanya untuk bergaya.

2. Perhitungkan budget
Budget jadi krusial karena menyangkut rencana keuangan jangka panjang Anda, apalagi jika beli lewat cara kredit. Targetkan batas maksimal harga mobil supaya tidak melewati kemampuan keuangan Anda. Perhitungkan dengan masak-masak dan berkonsultasi dengan anggota keluarga seperti orang tua bagi yang lajang dan dengan istri bagi yang sudah menikah.

3. Cari data awal atau spek mobil
Di era gadget saat ini sangat mudah mencari data awal mengenai kendaraan yang masuk dalam wishlist. Selain harga, Anda juga bisa cek spek dan fiturnya. Bahkan di kanal YouTube banyak review mengenai mobil baru.

4. Jangan keburu nafsu
Biasanya ada beberapa merek mobil atau motor yang menjadi kandidat. Jangan langsung menetapkan pilihan pada merek pertama yang dilihat. Kumpulkan info sebanyak-banyaknya dari tenaga penjual untuk direview.

5. Cek toko sebelah
Lakukan window shoping ke stand merek lain yang menjual mobil sejenis mobil incaran. Kumpulkan data sebanyak-banyaknya sebagai pembanding dengat toko sebelah.

6. Test drive dan test ride
Ajang pameran besar seperti IIMS 2018 menyediakan area test drive dan test ride supaya Anda bisa merasakan langsung mobil yang masuk dalam daftar incaran. Manfaatkan waktu yang ada untuk menilai secara lebih obyektif mobil atau motor tersebut.

Sesi test drive dan test ride merupakan momen yang sangat penting untuk menentukan apakah Anda berminat membelinya. Ini karena besarnya nilai yang harus Anda keluarkan untuk membeli dan mobil itu kelak bakal jadi ‘teman hidup” Anda di jalan. So, pastikan Anda bisa merasa nyaman dengannya.

7. Komparasi data
Selesai tahap di atas, Anda bisa melakukan komparasi data mobil yang ingin dibeli, termasuk perhitungan cicilan jika kredit. Di IIMS 2018, Anda bisa melakukannya sembari menikmati kuliner di area food court. Di sana ada warung kuliner Markobar dan Sang Pisang milik putra Presiden Joko Widodo.

8. Nego ulang dengan tenaga penjual
Setelah merasa yakin dengan mobil yang diincar di IIMS 2018, kembali lakukan negosiasi dengan tenaga penjual. Kalau Anda serius, biasanya mereka akan memberikan tambahan benefit yang bisa didapatkan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper