Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Pembangunan Daerah DIY Siapkan KUR Rp400 Miliar

Bank Pembangunan Daerah (BPD) DIY menyiapkan plafon KUR sebesar Rp400 miliar dengan fokus pembiayaan di sektor unggulan, termasuk di dalamnya pertanian dan perikanan.
BPD DIY./Wikipedia
BPD DIY./Wikipedia

Bisnis.com, YOGYAKARTA—Bank Pembangunan Daerah (BPD) DIY menyiapkan plafon KUR sebesar Rp400 miliar dengan fokus pembiayaan di sektor unggulan, termasuk di dalamnya pertanian dan perikanan.

Direktur Utama BPD DIY Bambang Setiawan mengatakan fokus penyaluran KUR juga membidik sektor perdagangan, pengolahan, pendukung pariwisata, dan kerajinan. "Sektor-sektor itu kami anggap menjadi sektor unggulan tahun ini. Kredit usaha perikanan misalnya akan fokus pada nelayan," ujarnya kepada JIBI, Minggu (8/4/2018).

Bambang menuturkan plafon KUR pada 2018 ini meningkat Rp150 miliar dibandingkan dengan tahun sebelumnya yakni Rp250 miliar. Realisasi pembiayaan dari plafon tersebut Rp222 miliar. Adapun rinciannya KUR Mikro Rp48 miliar dari target Rp50 miliar dan KUR Retail senilai Rp174 miliar dari target total KUR 2017.

Kredit KUR yang dapat diakses maksimal Rp500 juta dengan pola penjaminan oleh pemerintah, besarnya coverage penjaminan maksimal 80% dari plafon kredit untuk sektor pertanian, kelautan dan perikanan, kehutanan, dan industri kecil, dan 70% dari plafon kredit untuk sektor lainnya.

Adapun untuk menghindari kredit macet KUR, Dinas Koperasi dan UMKM DIY juga menyiapkan pendampingan, termasuk di dalamnya keterampilan membuat perhitungan logis usaha.

"Jangan sampai ada kredit macet dan agunan disita oleh pihak bank," jelas Kabid Koperasi Dinkop KUMKM DIY Sulthoni.

Seperti diketahui suku bunga KUR Mikro maksimal sebesar atau setara 22% efektif per tahun dan suku bunga KUR Ritel maksimal sebesar atau setara 13% efektif per tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Harian Jogja

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper