Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dinas Perdagangan Kota Malang Waspadai Naiknya Bahan Pokok

Dinas Perdagangan Kota Malang mewaspadai naiknya harga beberapa bahan makanan pokok menjelang Ramadan.

Bisnis.com, MALANG—Dinas Perdagangan Kota Malang mewaspadai naiknya harga beberapa bahan makanan pokok menjelang Ramadan.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Malang Wahyu Setiyanto mengatakan pihaknya terus memantau ada tidaknya kenaikan bahan-bahan makanan utama seperti cabai, gula, dan daging sapi. Terutama mendekati Ramadan nanti.

“Kenaikan cabai biasanya terkait dengan masalah cuaca,” katanya di Malang, Selasa (27/3/2018).

Intinya, jika hujan terus berlangsung hingga Ramadan, maka diprediksikan harganya naik karena produksi dari cabai biasanya berkurang. Namun jika cuaca kering, tidak hujan, maka harganya akan turun dan cenderung stabil karena pasokan produksi akan melimpah.

Perlu juga diwaspadai terkait dengan harga gula. Pada Mei 2018, bersamaan dengan memasuki Ramadan, pabrik gula (PG) baru memasuki musim giling sehingga dikhawatirkan pasokan di pasar berkurang dan dapat mendongkrak harga.

Pemerintah memang telah mematok harga eceran tertinggi gula, namun di pasar belum efektif jika memang pasokannya berkurang. “Mudah-mudahan setok banyak sehingga harga gula tidak terdongkrak naik,” ujarnya.

Komoditas lainnya yang dikhawatirkan harganya naik, kata dia, daging sapi. Kenaikan itu terkait dengan naiknya permintaan karena kebiasaan masyarakat mengkonsumsi daging yang lebih banyak pada Ramadan.

“Kalau beras, saya prediksi stabil harganya karena pada April memasuki puncak panen sehingga pasokan di pasar pada Ramadan juga diprediksikan banyak,” ujarnya.

Dia berharap, harga-harga bahan kebutuhan pokok pada menjelang dan saat Ramadan hingga Idul Fitri tetap stabil, tidak mengalami volatilitas yang mengarah pada tingginya harga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper