Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Risma Ajak Kunango Jantan Bangun Pabrik di Surabaya

Walikota Surabaya Tri Rismaharini mengajak perusahaan lokal asal Kota Padang, Sumatra Barat, PT Kunango Jantan, untuk membangun pabrik di daerahnya.

Bisnis.com, PADANG— Walikota Surabaya Tri Rismaharini mengajak perusahaan lokal asal Kota Padang, Sumatra Barat, PT Kunango Jantan, untuk membangun pabrik di daerahnya.

Risma, sapaan akrabnya, mengapresiasi perusahaan bergerak di bidang konstruksi baja, precast, dan galvanis itu yang telah berkontribusi menyediakan material untuk pembangunan, sehingga mendorong pertumbuhan ekonomi Sumbar dan sebagian besar Sumatra.

“Kami apresiasi perusahaan lokal yang tumbuh pesat dan berkontribusi mendorong pertumbuhan ekonomi daerah,” katanya saat mengunjungi pabrik PT Kunango Jantan di Padang, Selasa (20/2/2018).

Dia juga mendorong perusahaan – perusahaan lokal, terutama di Surabaya untuk meningkatkan inovasi dan kompetensi agar mampu bersaing dengan perusahaan besar lainnya, sehingga ikut berkontribusi dalam pembangunan.

Termasuk juga mendorong Kunango Jantan Grup berekspansi ke wilayah Jawa Timur, sehingga bisa transfer ilmu dan menularkan semangat perusahaan kepada pengusaha – pengusaha lokal lainnya.

Risma mencontohkan keberhasilan Kunango Jantan yang memulai usahanya dari nol, hingga berkembang besar seperti sekarang patut dijadikan pelajaran, bahwa perusahaan lokal juga mampu tumbuh dan bersaing secara nasional.

Apalagi, imbuhnya, produksi precast atau beton pracetak sangat dibutuhkan dalam pembangunan infrastruktur guna mendukung percepatan program pemerintah.

Firdaus HB, Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur menyebutkan perusahaan yang bergerak di bidang penyediaan material konstruksi baja, precast, galvanis, dan lain-lain, sangat dibutuhkan untuk mendukung progam pembangunan infrastruktur.

“Di Surabaya, permintaan untuk precast ini tinggi sekali, karena banyaknya pembangunan infrastruktur, rusunawa, properti dan proyek – proyek pemerintah lainnya,” kata Firdaus.

Makanya, dia mendukung perusahaan lokal untuk ikut ekspansi dengan menyasar pasar secara nasional, termasuk Kunango Jantan yang kini sudah menguasai sebagian pasar Sumatra, terutama di wilayah Sumbar dan Riau yang menjadi basis perusahaan.

Direktur Utama Kunango Jantan Grup Asril mengatakan produksi precast perseroan berkisar 400 ton per hari, yang diperuntukkan guna memenuhi kebutuhan permintaan di wilayah Sumatra.

“Untuk beton precast produksi kami sekitar 400 ton per hari. Nanti bakal naik, bisa sampai 1.000 ton per hari, karena akan ada kerja sama dengan BUMN,” katanya.

Dia mengatakan saat ini perseroan memfokuskan penyediaan material pembangunan untuk memenuhi kebutuhan infrastruktur di wilayah Sumatra dan daerah lainnya di luar Jawa. Mengingat prioritas pemerintah yang mengutamakan percepatan pembangunan infrastruktur.

Selain produksi beton precast, Kunango Jantan juga memproduksi tiang baja, pipa galvanis, dan berbagai produk turunan dari beton dan baja.

Adapun, perseroan juga akan ambil bagian dalam penyediaan material pendukung untuk pembangunan tol trans Sumatra ruas Padang – Pekanbaru dan Pekanbaru – Dumai, serta pembangunan infrastruktur lainnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Heri Faisal
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler