Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hari Ini, Universitas Muhammadiyah Malang Terima Penghargaan dari Presiden

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menerima penghargaan dari Presiden RI, JokoWidodo, dalam acara Festival Prestasi Indonesia, di Jakarta Hilton Convention Center (JHCC), Senin (21/8/2017).
Sejumlah karya mahasiswa UMM.
Sejumlah karya mahasiswa UMM.

Bisnis.com, MALANG--Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menerima penghargaan dari Presiden RI, JokoWidodo, dalam acara Festival Prestasi Indonesia, di Jakarta Hilton Convention Center (JHCC), Senin (21/8/2017).

Fauzan, Rektor UMM akan mewakili perguruan tinggi tersebut dalam menerima Apresiasi Ikon Prestasi Indonesia bersamadengan 71 ikon prestasi lain dari seluruh Indonesia.

Panitia Festival Prestasi Indonesia – Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP -Pancasila) memilih Fauzan untuk mawakili tim robot dari UMM yang memenangi Kontes Robot Internasional di Trinity College, Connecticut Amerika Serikat, 1-2 April 2017.

“UMM akan mendorong dan memfasilitasi pengembangan serta perancangan yang lebih matang dari robot karya Imam Fatoni, Ikhlal Aldhi Wijaya, dan Salis Muchtar Fadhilah itu,” katanya di Malang, Minggu (20/8/2017).

Tim robot UMM ini berhasil mengalahkan finalis dari Kanada, Tiongkok, Israel, Portugal, UniEmirat Arab, dan tuan rumah Amerika Serikat. Dari kemenangan tim robot di kancah internasional inilah apresiasi ikon prestasi diberikan pada UMM.

Dari empat kategori yang ditetapkan panitia, yaitu saintis dan inovator, olahraga, seni budaya, dan pegiat sosial, UMM masuk kedalam kategori saintis dan inovator.

Ada dua hal yang menjadi keunggulan robot-robot UMM dalam laga bertajuk Trinity College Fire Fighting Home Robot Contest (TCFFHRC), yaitu kecepatan dan ketepatan. Robot itu dilengkapi dengan sepuluh sensor, yaitu delapan sensor ultrasonic dan dua sensor inframerah sebagai sensor jarak.

Sensor-sensor tersebut digunakan agar mudah mendeteksi posisi lilin dan dapat menjangkau lilin dengan cepat dan tepat.

Robot yang juga dibekali dengan sensor flame UVTRON R9454 untuk mendeteksi api lilin dan mampu menangkap cahaya ultraviolet dengan jangkauan spectrum 185 nanometer (nm) sampai 260 nm di mana jangkauan itu hanya dimiliki oleh gas api.

Robot-robot itu akan ditampilkan dalam gelaran festival riset yang diselenggarakan di UMM pada akhir tahun ini. Festival ini adalah sebagai langkah konkret agar hasil riset dan karya mahasiswa UMM dikenal oleh kalangan industri dan pengusaha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper