Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cegah Banjir, Area Resapan Kota Malang Diperluas

Pemkot Malang dalam waktu dekat ini memperluas area resapan di wilayah itu terutama di kawasan taman kota sebagai upaya mencegah banjir ketika musim hujan.
Ilustrasi/NET
Ilustrasi/NET

Bisnis.com, MALANG--Pemkot Malang dalam waktu dekat ini memperluas area resapan di wilayah itu terutama di kawasan taman kota sebagai upaya mencegah banjir ketika musim hujan.

Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Kota Malang Erik S Santosomengatakan taman-taman kota yang sudah ada sumur resapannya pun tetap menjadi bidikannya.

"Tahun ini seluruh taman di Kota Malang harus sudah dilengkapi sumur resapan, kalau taman yang sudah ada sumur resapannya ya ditambah lagi," ujar Erik, Kamis (29/6/2017).

Ia mengemukakan program pembuatan sumur resapan di taman-taman kota tersebut, sebagai bentuk perluasan kawasan resapan air agar kota pendidikan itu memiliki kesejukan udara dan lingkungan yang bersih. Pembuatan sumur resapan ini harus sebanyak-banyaknya. "Kami idak menargetkan berapa jumlahnya, yang pasti harus sebanyak-banyaknya," ucapnya.

Menurut dia, semakin banyak jumlah sumur resapan yang ada di wilayah itu, akan semakin cepat dalam mengatasi masalah banjir yang terjadi di setiap musim hujan, khususnya di kawasan Jalan Soekarno Hatta, Jalan Bondowoso, kawasan Blimbing, dan wilayah Pulosari.

Menyinggung ukuran sumur resapan yang dibuat di area taman kota tersebut, Erik mengatakan minimal memiliki lebar 1 meter dan kedalaman 5 meter. Untuk proses pengadaan proyek ini harus melalui tahap lelang yang saat ini seang berlangsung, karena menggunakan dana APBD 2017.

Beberapa taman kota yang belum memiliki sumur resapan, di antaranya adalah Taman Hutan Kota Malabar. "Seluruh taman kota ini nanti harus memiliki sumur resapan, termasuk Hutan Kota Malabar yang saat ini baru memiliki biopori," ucapnya.

Beberapa tahun lalu Pemkot Malang mewajibkan seluruh pengembang untuk membuat sumur resapan di setiap rumah dan kawasan yang dibangun. Bahkan, di setiap rumah harus ada sumur resapan dengan kedalaman minimal tiga meter dengan diameter satu meter.

Selain Pemkot Malang, Rektor Universitas Brawijaya (UB) Malang Prof Dr M Bisri juga pernah menggagas setiap bangunan harus memiliki sumur resapan. Untuk mengembalikan udara sejuk Kota Malang serta meminimalisasi banjir di wilayah itu, dibutuhkan ratusan sumur resapan agar air hujan bisa terserap maksimal dalam tanah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Writer
Editor : News Editor
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper