MUDIK LEBARAN 2017: Pelindo Prediksi Akhir Pekan Puncak Arus Balik

PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Cabang Tanjung Perak Surabaya memperkirakan gelombang arus balik melalui Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya mulai terjadi pada Sabtu (1/7) dan Minggu (2/7/2017).
News Writer | 30 Juni 2017 05:59 WIB

Bisnis.com, SURABAYA--PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Cabang Tanjung Perak Surabaya memperkirakan gelombang arus balik melalui Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya mulai terjadi pada Sabtu (1/7) dan Minggu (2/7/2017).

"Bisa jadi penumpang mulai berdatangan pada hari Sabtu dan Minggu besok, karena hari Senin mereka mulai masuk kerja," kata Asisten Manajer Terminal Penumpang dan Roll On - Roll Off (Roro) PT Pelindo III Cabang Tanjung Perak Surabaya Pitria Kartikasari, saat dikonfirmasi Kamis. (29/6/2017)

Namun, lanjut dia, gelombang arus balik pada akhir pekan besok jumlahnya belum terlalu signifikan.

"Mungkin jumlah penumpang pada akhir pekan besok hanya berkisar seratusan saja," kata Pitria.

Mengacu pada pengalaman tahun-tahun sebelumnya, menurut dia, arus balik di Pelabuhan Tanjung Perak terbesar justru terjadi setelah H+15 lebaran.

Kalau tahun lalu, puncak arus balik di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya malah terjadi pada H+20 lebaran.

PT Pelindo III mencatat jumlah pemudik menggunakan angkutan laut yang turun di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya selama musim arus mudik tahun ini sebanyak 75.237 orang.

"Itu kami catat mulai H-15 hingga hari lebaran kedua, tanggal 26 Juni," ucap Pitria.

PT Pelindo III juga mencatat jumlah kedatangan penumpang selama arus mudik terbesar terjadi pada 24 Juni, atau H-1 lebaran.

"Seharian pada tanggal 24 Juni itu kedatangan penumpang mencapai sebanyak 11.486 orang," ujarnya.

Selanjutnya semenjak hari "H" lebaran hingga Kamis (29/6) Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya tampak lengang dari aktivitas pemudik.

"Kami kini bersiap untuk melayani arus balik yang kemungkinan baru terlihat pada akhir pekan, sabtu dan Minggu besok," kata Pitria.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Olimpiade 2020

Sumber : Antara
Editor : News Editor

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top