Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Cabai di Jember Turun Menjadi 57.000/Kilogram

Harga cabai rawit merah di sejumlah pasar tradisional Kabupaten Jember, Jawa Timur perlahan-lahan terus menurun menjadi Rp57.000 per kilogram, setelah tertangkapnya mafia cabai oleh Baresrim Mabes Polri.
Fluktuasi harga cabai akibat 'dipermainkan' juragan.
Fluktuasi harga cabai akibat 'dipermainkan' juragan.

Bisnis.com, JEMBER—Harga cabai rawit merah di sejumlah pasar tradisional Kabupaten Jember, Jawa Timur perlahan-lahan terus menurun menjadi Rp57.000 per kilogram, setelah tertangkapnya mafia cabai oleh Baresrim Mabes Polri.

"Hampir setiap hari harga cabai rawit merah turun berdasarkan pantauan secara acak di tiga pasar tradisional Jember yakni Pasar Tanjung, Pasar Kreongan, dan Pasar Mangli," kata Kasi Pengembangan Usaha dan Promosi Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jember Eko Wahyu Septantono di Jember, Rabu (5/4/2017).

Menurutnya, pada pertengahan Maret lalu harga cabai rawit merah di pasar tradisional Jember masih berkisar Rp110.000 hingga Rp115.000 per kilogram, namun perlahan-lahan mengalami penurunan tajam berkisar Rp10.000 hingga Rp20.000 per kilogram pada akhir Maret hingga awal April 2017.

"Pada awal April harga cabai rawit merah turun drastis menjadi Rp67.000 per kilogram, hari berikutnya turun Rp66.000 per kilogram, kemudian turun lagi Rp61.000 per kilogram, dan terus turun hingga Rp57.000 per kilogram," tuturnya.

Ia mengatakan pihak Disperindag Jember awalnya menduga kenaikan harga cabai di pasaran karena cuaca ekstrem, namun ternyata ada mafia atau kartel yang mempermainkan harga cabai rawit di pasaran.

"Harga cabai rawit diprediksi akan terus turun, namun penurunannya sampai berapa persen tidak bisa diprediksi. Mudah-mudahan harga cabai rawit bisa kembali normal," ucapnya, menambahkan.

Sementara salah seorang pedagang cabai di Pasar Tanjung Jember Katiyem mengatakan harga cabai terus menurun sejak pertengahan Maret hingga sekarang, karena pasokan komoditas hortikultura tersebut cukup banyak.

"Harga cabai rawit merah di pasaran berkisar Rp50.000 hingga Rp57.000 per kilogram, namun harga tersebut masih belum normal karena normalnya berkisar Rp10.000 hingga Rp15.000 per kilogram," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Writer
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper