Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indonesia Berpotensi Mencetak Tenaga Andal Sektor Kemaritiman

Rektor World Maritime University Profesor Cleopatra Doumbia-Henry mengungkapkan rasa optimistis bahwa Indonesia akan mampu menghasilkan tenaga-tenaga terampil bidang maritim.
Ilustrasi./Antara
Ilustrasi./Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Rektor World Maritime University Profesor Cleopatra Doumbia-Henry mengungkapkan rasa optimistis bahwa Indonesia akan mampu menghasilkan tenaga-tenaga terampil bidang maritim.

Optimisme itu disampaikan Cleopatra setelah mengunjungi fasilitas kampus utama Indonesia Port Corporation (IPC) Corporate University milik PT Pelabuhan Indonesia II (Pelindo) di Bogor, Selasa (4/4).

Dalam siaran pers yang diterima, Rabu (5/4/2017), Cleopatra meninjau fasilitas simulasi crane (derek), kapal, port, logistik, autogate customs and excise, serta perpustakaan.

Mantan direktur salah satu departemen di Organisasi Buruh Internasional (ILO) itu terlihat antusias saat mendengarkan penjelasan instruktur simulasi derek. "Alat yang anda miliki cukup canggih dan sangat memadai untuk latihan mengoperasikan 'crane' ini," ujarnya kepada instruktur IPC University.

Setelah mengunjungi fasilitas simulasi bongkar-muat kontainer serta bea cukai, Cleopatra mengunjungi perpustakaan milik universitas IPC. "Perpustakaan ini sangat representatif dan membantu siswa untuk belajar karena koleksi 'e-book' yang dimiliki juga cukup lengkap," ujarnya.

Rektor WMU itu mendorong agar makin banyak wanita yang melanjutkan studi di bidang kemaritiman. "Bidang kemaritiman sampai saat ini seolah masih menjadi dunia lelaki, tapi di masa yang akan datang wanita juga akan lebih banyak berperan. Dunia maritim akan lebih gender sensitive," katanya.

Asisten Deputi Bidang Pendidikan dan Pelatihan Maritim Kemenko Kemaritiman TB Haeru Rahayu mengatakan kesiapan pemerintah Indonesia untuk bekerja sama dengan WMU dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bidang kemaritiman.

"Kita sudah memiliki Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran [STIP] dan Sekolah Tinggi Perikanan [STP], tinggal kita kembangkan saja, salah satunya dengan bentuk kerja sama dengan WMU," jelasnya.

Ia menyebut Kemenko Kemaritiman dan WMU telah menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) pada Oktober 2016 lalu. Salah satu bentuk kerja sama yakni pemberian beasiswa kepada mahasiswa Indonesia untuk mengambil program master atau magister di WMU.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Writer
Editor : News Editor
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper