Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Industri Kecil Olahan Ikan di Pamekasan Sulit Memasarkan Produknya

Kalangan Industri Kecil Menengah bidang kelautan dan perikanan Pamekasan, Jawa Timur, mengaku kesulitan memasarkan hasil produk olahan mereka, karena tidak memiliki tempat khusus untuk berjualan.
Ilustrasi/JIBI
Ilustrasi/JIBI

Bisnis.com, PAMEKASAN – Kalangan Industri Kecil Menengah bidang kelautan dan perikanan Pamekasan, Jawa Timur, mengaku kesulitan memasarkan hasil produk olahan mereka, karena tidak memiliki tempat khusus untuk berjualan.

Ketua Forum IKM Pamekasan Moh Kusairi mengatakan produk hasil olahan perikanan dan kelautan yang diproduksi para nelayan Pamekasan saat ini sudah mencapai 49 jenis produk. "Tapi untuk Kabupaten Pamekasan ini, kami kesulitan untuk mencari tempat pemasaran," katanya, Senin (2/1/2017).

Kusairi menjelaskan, selama ini, pemasaran hasil produk olahan mereka dipasarkan melalui Forum IKM Jatim dengan cara ikut serta pada berbagai jenis pameran dan bekerja sama dengan IKM di kabupaten lain di Jawa Timur.

"Andai bisa, kami ingin di Pamekasan ini ada lokasi khusus untuk pemasaran hasil produk olahan bidang kelautan dan perikanan seperti tempat khusus untuk para pedagang kakli lima," katanya.

Menurutnya, IKM hasil kelauran dan perikanan Pamekasan sebenarnya masuk kategori terbaik dan memiliki hasil produksi banyak. "Sebab yang 49 jenis itu, semuanya merupakan produk hasil olahan bidang kelautan dan perikanan," katanya.

Salah satu jenis produk hasil olahan bidang kelautan dan perikanan yang kini sudah banyak diminati pembeli antara lain rengginan lorjuk, petis ikan tuna, camilan ikan teri kering, dan keripik ikan.

Saat ini, kata Kusairi, jumlah perajin olahan hasil perikanan dan kelautan yang tergabung di IKM Pamekasan sebanyak 105 orang dengan jenis produk mencapai 49 jenis.

Sebenarnya, dari sisi pemasaran ke luar kabupaten, produk olahan hasil kelauran dan perikanan oleh IKM Pamekasan itu lancar, karena dibantu oleh Forum IKM Jawa Timur.

"Tapi di tingkat lokal Pamekasan ini, kita tidak punya sentra khusus, kecuali datang langsung ke rumah-rumah produsen. Dan ini tentu menyulitkan bagi warga luar Pamekasan yang ingin mengetahui tempat khusus yang menjadi area penjualan hasil produk kami," katanya.

Oleh karena itu, Kusairi dan para produsen olehan hasil laut dan perikanan Pamekasan ini meminta, agar kedepan pemkab bisa menyediakan tempat khusus bagi para produsen hasil olahan kelautan dan perikanan itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Writer
Editor : News Editor
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper