Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KAI Daop 8 Surabaya Siapkan 174 Perjalanan Mudik Gratis

Sebanyak 174 perjalanan itu rinciannya 97 perjalanan untuk arus mudik dan 77 perjalanan KA untuk arus balik.
Kereta api keluar dari stasiun./Antara-Raisan Al Farisi
Kereta api keluar dari stasiun./Antara-Raisan Al Farisi

Bisnis.com, SURABAYA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur bekerja sama dengan PT KAI Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya menyiapkan 174 perjalanan mudik kereta gratis, khusus di tujuan sekitar Jawa Timur, untuk membantu kelancaran mobilitas masyarakat di provinsi tersebut dalam merayakan Hari Raya Idul Fitri 2019.

Manager Humas Daop 8 Surabaya Suprapto di Surabaya, Jawa Timur, Selasa (26/3/2019) mengatakan 174 perjalanan itu rinciannya 97 perjalanan untuk arus mudik dan 77 perjalanan KA untuk arus balik, dengan kapasitas daya angkut per hari rata-rata mencapai 11.881 tempat duduk.

"Total ada 14 perjalanan kereta api yang beroperasi di wilayah Jawa Timur. Dan tanggal keberangkatan angkutan KA gratis berlangsung selama 16 hari, mulai tanggal 28 Mei 2019 (H-8) sampai dengan 12 Juni 2019 (H+6)," katanya.

Ia mengatakan program mudik dan balik gratis merupakan wujud keperdulian dan perhatian dari Pemerintah Jawa Timur dalam rangka melayani kebutuhan masyarakatnya.

"Kami dari pihak PT KAI Daop 8 Surabaya menyambut dengan baik kerja sama dengan Pemprov Jawa Timur dalam mewujudkan program yang pro kerakyatan ini. Semoga masyarakat bisa memanfaatkan sebaik-baiknya kesempatan dengan mengunakan angkutan massal ini, guna kelancaran mobilitas dan mengurangi angka kemacetan akibat tingginya frekwensi lalu lintas selama masa angkutan Lebaran 2019," kata Suprapto.

Sementara itu rincian perjalanan KA gratis selama mudik dan balik, antara lain KA Probowangi relasi Surabaya Gubeng-Banyuwangi, dan KA Tawang Alun relasi Malang-Banyuwangi, dengan keberangkatan mulai tanggal 31 Mei sampai dengan 4 Juni 2019 dan keberangkatan balik gratis berlaku mulai tanggal 7 Juni sampai dengan 10 Juni 2019.

Tiket gratis, kata Suprapto, dapat diperoleh melalui stasiun yang dilewati KA mudik balik gratis, mulai dari jam 09.00 WIB-16.00 WIB, dengan mengisi formulir pemesanan yang telah disediakan di setiap stasiun. Sedangkan untuk pemesanan tiket KA Penataran, Dhoho, Tumapel dan ekonomi lokal bisa dilakukan H-7 atau mulai tanggal 21 Mei 2019.

Khusus pemesanan tiket KA Probowangi dan Tawang Alun bisa dilakukan H-60 atau mulai tanggal 1 April 2019.

Satu pemesan maksimal empat tiket dan tidak bisa dibatalkan atau ditunda atau dialihkan kepada orang lain, serta tidak bisa dipesan melalui aplikasi KAI Access, internet maupun saluran eksternal lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper