Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LMAN Kembalikan Dana Pembebasan Lahan Bendungan Rp1,61 Triliun

Sampai dengan minggu pertama Desember 2018, Lembaga Manajemen Aset Negara telah membayar biaya pembebasan lahan proyek bendungan tahun anggaran 2017 senilai Rp1,61 triliun.
Ilustrasi: Bendungan Rukoh di Aceh
Ilustrasi: Bendungan Rukoh di Aceh

Bisnis.com, JAKARTA — Sampai dengan minggu pertama Desember 2018, Lembaga Manajemen Aset Negara telah membayar biaya pembebasan lahan proyek bendungan tahun anggaran 2017 senilai Rp1,61 triliun atau 67,58% terhadap alokasi biaya Rp2,38 triliun.

Direktur Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) Rahayu Puspasari mengatakan bahwa realisasi pembayaran terdiri atas Rp743,28 miliar berupa pembayaran langsung dan Rp869,92 miliar merupakan dana talangan tanah yang ditanggung terlebih dahulu oleh kontraktor.

Menurutnya, realisasi yang sudah dibayarkan tersebut mencapai 98,17% dari total tagihan yang ditujukan kepada LMAN.

"LMAN sudah membayar Rp1,607 triliun dari yang ditagihkan saat ini mencapai Rp1,637 triliun," kata Rahayu kepada Bisnis.com, Minggu (9/12/2018).

Adapun tuturnya, sisa yang ditagihkan dan tengah diproses oleh LMAN mencapai Rp217 juta yang merupakan skema pembayaran langsung.

Sementara itu, kata Rahayu, jumlah pembayaran pada skema pembayaran langsung yang tengah dalam proses kelengkapan dokumen oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) mencapai Rp24,01 miliar.

Pada skema dana talangan tanah, jumlah pembayaran yang tengah berada dalam tahapan kelengkapan dokumen oleh PPK mencapai Rp5,80 miliar.

LMAN menganggarkan Rp2,38 triliun pada Tahun Anggaran 2017 untuk pembayaran pembebasan lahan bendungan sebanyak 5.666 bidang tanah.

Beberapa dana talangan yang sudah dibayarkan antara lain untuk pembangunan Bendungan Ciawi, Tugu, Tapin, Ladongi, Gongseng, Sukamahi, dan Passeloreng.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Irene Agustine
Editor : Zufrizal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper