Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scoot Layani Penerbangan Umrah dari 5 Kota Ini

Scoot, maspakai bertarif rendah berbasis Singapura, membuka penerbangan umrah dari lima kota di Indonesia ke Jeddah, Arab Saudi via Singapura.
Pesawat Singapore Airlines terbang melewati pesawat Scoot di Singapore Airshow, Changi Exhibition Center, Singapura pada Februari 2016./Reuters-Edgar Su
Pesawat Singapore Airlines terbang melewati pesawat Scoot di Singapore Airshow, Changi Exhibition Center, Singapura pada Februari 2016./Reuters-Edgar Su

Bisnis.com, JAKARTA – Scoot, maspakai bertarif rendah (low-cost carrier/LCC) berbasis Singapura, membuka penerbangan umrah dari lima kota di Indonesia ke Jeddah, Arab Saudi via Singapura.

Chief Commercial Officer Scoot Vinod Kannan mengatakan penerbangan akan dilakukan dari lima kota di Indonesia yaitu Jakarta, Denpasar, Surabaya, Palembang, dan Pekanbaru. Adapun, Balikpapan, Lombok, Makassar, Manado, Semarang, dan Yogyakarta menjadi target berikutnya pada 2020.

"Kami melihat potensi penerbangan umrah di Indonesia sebagai populasi muslim terbanyak di dunia. Rute Scoot ke Jeddah memberi lebih banyak pilihan kepada jemaah yang mencari pengalaman terbang yang berbeda dengan anggaran terbatas maupun lebih besar,” katanya dalam siaran pers, Senin (10/12/2018).

Dia menambahkan layanan itu merupakan tindak lanjut jumlah jemaah umrah Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun. Pada 2017, Indonesia berada di peringkat kedua jemaah terbanyak dengan jumlah 875.958 jemaah, naik 25% dari tahun sebelumnya.

Scoot merupakan satu-satunya LCC yang melayani jemaah umrah Indonesia dengan transit di Bandara Changi Singapura, yang terpilih sebagai bandara terbaik di dunia selama enam tahun berturut-turut oleh Skytrax.

Dia menjelaskan penerbangan dilayani sebanyak tiga kali sepekan dari Singapura ke Tanah Suci, dengan menggunakan pesawat Boeing 787 Dreamliner. 

Pada saat memesan tiket, penumpang juga dapat membeli fasilitas tambahan seperti konektivitas Wi-Fi dalam penerbangan, stop kontak saluran listrik di kursi, serta makanan hangat, makanan ringan, dan minuman.

Penumpang, lanjutnya, juga dapat menikmati ScooThru, yakni konektivitas tanpa hambatan antara Indonesia, Singapura, dan Arab Saudi. Penumpang tidak perlu melewati imigrasi dan loket check-in pada saat transit di Singapura.

Melalui ScooThru, bagasi check-in akan langsung diangkut ke tujuan terakhir, dan apabila terjadi delay yang menyebabkan ketinggalan penerbangan lanjutan, penumpang akan diberangkatkan dengan penerbangan yang tersedia berikutnya tanpa biaya tambahan.

Kannan menjelaskan untuk pengalaman terbang yang lebih eksklusif dan nyaman, Scoot juga menawarkan kelas ScootBiz (kabin campuran). Dalam penerbangan antara Indonesia dan Singapura yang dioperasikan oleh pesawat berbadan sempit (narrow-body) Airbus A320, penumpang berhak untuk memilih kursi, jatah bagasi check-in 30 kg, jatah bagasi kabin 10 kg, makanan dan minuman, serta check- in dan boarding prioritas.

 Adapun, dalam penerbangan antara Singapura dan Jeddah yang dioperasikan oleh pesawat berbadan lebar (wide-body) Boeing 787 Dreamliner. Harga tiket pulang pergi mulai Rp4,8 juta untuk kelas Economy FLY dan Rp9,3 juta untuk kelas ScootBiz.

Untuk perjalanan do-it-yourself, penumpang  dapat memesan tiket melalui situs FlyScoot setelah memperoleh visa. Scoot juga menawarkan produk full-service untuk pemesanan grup rute Jeddah antara lain kursi standar, jatah bagasi check-in  30 kg, jatah bagasi kabin sampai 10 kg, makanan hangat dan makanan ringan bersertifikat halal, dan jatah bagasi air zamzam 5 kg.

Scoot telah bermitra dengan lebih dari 100 agen perjalanan lokal di Indonesia, dan telah menunjuk agen penjualan lokal, PT Novena Aviation, sejak 2017.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Hendra Wibawa

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper