Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sambut Akhir Tahun, Daop IV Semarang Siapkan 82 Perjalanan KA

Sambut Natal dan Tahun Baru PT KAI Daop 4 Semarang akan mengoperasikan 82 perjalanan Kereta Api (KA) penumpang dengan total kapasitas tempat duduk berjumlah 44.348 setiap harinya.
Pramugari menanti kedatangan penumpang/Antara-Aprillio Akbar
Pramugari menanti kedatangan penumpang/Antara-Aprillio Akbar

Bisnis.com, SEMARANG - Sambut Natal dan Tahun Baru PT KAI Daop 4 Semarang akan mengoperasikan 82 perjalanan Kereta Api (KA) penumpang dengan total kapasitas tempat duduk berjumlah 44.348 setiap harinya.

Manager Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Suprapto mengatakan, tahun ini, masa angkutan Nataru ditetapkan selama 18 hari yakni mulai tanggal 20 Desember 2018 hingga 6 Januari 2019. 

Dia memprediksi, puncak lonjakan penumpang kereta api di wilayah PT KAI Daop 4 Semarang akan terjadi sebanyak 2 kali, yaitu pada tanggal 25 Desember 2018 mendatang sebanyak 25.679 penumpang dan 1 Januari 2019 sebanyak 26.312 penumpang. 

"Selama masa angkutan tersebut, seluruh pegawai PT KAI Daop 4 Semarang dimaksimalkan untuk membantu kelancaran pelayanan di stasiun-stasiun dan tidak diperkenankan mengambil cuti tahunan," ujar Suprapto, Senin (10/12/2018).

Dia menambahkan, PT KAI Daop 4 Semarang juga akan mengoperasikan 12 KA tambahan dengan total kapasitas seat sebanyak 6.976  per hari. KA tersebut sebagian besar mulai beroperasi pada 20 Desember 2018 hingga 7 Januari 2019.

Pada beberapa KA seperti Brantas Tambahan, operasionalnya akan dimulai sejak 13 Desember 2018. 

"Masyarakat yang ingin mendapatkan tiket KA tambahan tersebut dapat melakukan pembelian di seluruh channel resmi penjualan tiket kereta api sejak tanggal  16 November 2018 yang lalu, antara lain aplikasi ponsel resmi KAI yakni KAI Access, situs kai.id, Contact Center 121/ (021) 121, loket, maupun channel eksternal yang telah bekerja sama dengan KAI seperti gerai minimarket, Traveloka, Tiket.com, Tokopedia, agen resmi dan lain-lain," ucapnya. 

Suprapto menjelaskan, selama angkutan Nataru tersebut, PT KAI Daop 4 Semarang juga menyiapkan 173 personel keamanan yang terdiri dari 99 personel Polsuska (keamanan internal KAI), 8 personel TNI, 4 personel Pawang K-9 untuk mengoperasikan 2 unit K-9, dan 62 personel Brimob. 

"Personel keamanan tersebut akan melakukan pengamanan di atas KA, stasiun, maupun secara mobile melakukan patroli di jalur KA dan obyek-obyek penting lainnya seperti dipo lokomotif dan kereta," terangnya. 

Sementara itu, dari aspek prasarana, seperti tahun-tahun sebelumnya PT KAI Daop 4 Semarang bersiap siaga untuk daerah-daerah rawan bencana alam. 

Adapun, PT KAI Daop 5 telah mendeteksi sebanyak 6 titik yang menjadi kewaspadaan karena potensi rawan berupa banjir pada jalur rel di wilayahnya sepanjang 656 Km dari Tegal - Cepu - Gundih. 

Enam titik yang menjadi kewaspadaan dan dijaga 24 jam tersebut diantaranya 1 titik antara Stasiun Plabuan – Stasiun Krengseng, 3 titik diantara Stasiun Plabuan – Stasiun Kuripan, 1 titik diantara Stasiun Kuripan – Ujung Negoro dan 1 titik antara Semarang Tawang - Alastua. 

"Untuk itu, pihak PT KAI Daop 4 Semarang menyiapkan strategi manajemen resiko bernama “AMUS” (Alat Material Untuk Siaga). AMUS ini diantaranya berupa penyiapan alat pemelihara rel jenis MTT, batu balas, bantalan rel, pasir, karung, besi H Beam (untuk jembatan), alat penambat rel, dan para personil perawatan prasarana  yang siap 24 jam di titik-titik yang telah ditentukan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper