Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelabuhan Sorong Dirancang Jadi Berskala Internasional

Pelabuhan Kota Sorong, Papua Barat, diprogramkan menjadi pelabuhan internasional di wilayah timur Indonesia.
Pelabuhan Sorong/YouTube
Pelabuhan Sorong/YouTube

Bisnis.com, SORONG – Pelabuhan Kota Sorong, Papua Barat, diprogramkan menjadi pelabuhan internasional di wilayah timur Indonesia dalam upaya kemajuan pembangunan dan peningkatan ekonomi masyarakat Papua.

Wali Kota Sorong Lambert Jitmau mengatakan peningkatan tersebut merupakan pendekatan dan komunikasi Pemkot dengan pemerintah pusat.

Lambert mengutarakan awalnya Menteri BUMN Rini Soemarno dalam kunjungan di Manokwari pada 14 Agustus 2015 mengumumkan Pelabuhan Sorong dirancang menjadi pelabuhan internasional.

Rancangan ini, ungkapnya, guna mewujudkan gagasan Presiden Joko Widodo tentang tol laut dengan memberdayakan posisi strategis Pelabuhan Sorong sebagai hubungan utama alur tol laut wilayah Papua.

Lambert menjelaskan Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV Mulyono pada 26 Agustus 2015 di Kota Sorong mempertegas pernyataan Menteri BUMN bahwa Pelabuhan Sorong dipersiapkan sebagai hubungan utama kegiatan industri logistik di wilayah Papua.

Guna mewujudkan pelabuhan internasional tersebut, Pelindo IV menganggarkan Rp411,5 miliar untuk peningkatan infrastruktur pelabuhan Kota Sorong yang sedang berjalan. Pembangunan fisik ditingkatkan hingga mendongkrak kapasitas tampung.

Dia menambahkan kapasitas Pelabuhan Kota Sorong sekarang mencapai sebesar 44.000 TEU's yang ditargetkan dengan program ini akan mencapai kapasitas 100.000 TEU's pada 2019.

"Konstruksi berupa penambahan panjang dermaga sejauh 500 meter ke arah barat yang sedang berlangsung. Dengan demikian Pelabuhan Kota Sorong panjang dermaganya menjadi lebih dari 1 kilometer sehingga dapat melayani kapal ukuran besar sebanyak lima kapal sekaligus," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler