Makanan rendah kalori/Istimewa
Fashion

Pola Makan Jadi Pemicu Masalah Kesehatan

Asteria Desi Kartika Sari
Jumat, 7 Desember 2018 - 15:47
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Gaya hidup yang tidak sehat terutama pola makan menjadi salah satu alasan mengapa kepuasan masyarakat akan kesehatan menurun, seperti yang diungkapkan dalam survei AIA Healthy Living Index 2018.

Hal tersebut juga sejalan dengan temuan Riset Kesehatan Dasar atau Riskesdas 2018. Dokter spesialis gizi Raisaa E Djuanda mengatakan karena gaya hidup seperti pola makan yang tidak sehat berbanding lurus dengan meningkatnya pravalensi penyakit tidak menular.

"Mengadopsi pola makan sehat tidak sesulit yang dibayangkan. Sebagai langkah awal, perbanyak konsumsi sayur dan buah serta membatasi konsumsi makanan kemasan," kata dalam keterangan resminya Jumat (7/12/2018).

Dia mengatakan asupan total lemak sebaiknya tidak melebihi 30% dari total asupan energi konsumsi sayur dan buah yaitu setidaknya 400 gram per hari.

"Selain itu, masyakarat disarankan untuk menjaga porsi saat mengonsumsi makanan berkalori tinggi. Dengan diet yang seimbang dan rutin berolahraga dapat membantu mengurangi risiko obesitas, kanker, jantung, diabetes dan penyakit tidak menular lain," jelasnya.

Laila Munaf, instruktur zumba dan pemilik Sana Studio,  menambahkan  olahraga saat ini begitu mudah untuk dilakukan. Berbagai sarana olahraga bermunculan tidak hanya dikota besar.

"Akses informasi yang luas juga memudahkan masyarakat untuk mencari berbagai informasi seputar olahraga sehingga olahraga di rumah pun dapat menjadi efektif," kata Laila.

Yang terpenting, lanjutnya, keinginan dan kesadaran untuk hidup sehat dengan aktif dan rutin berolahraga. Dengan hidup sehat, kita dapat menikmati hidup yang berkualitas.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Sutarno
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro