Bojonegoro Buka Peluang Usaha Peternakan Sapi

Pemerintah Kabupaten Bojonegoro menawarkan peluang investasi bidang peternakan kepada para pengusaha Jawa Timur lantaran memiliki potensi yang besar.
Ilustrasi peternakan sapi/Antara
Ilustrasi peternakan sapi/Antara

Bisnis.com,  SURABAYA – Pemerintah Kabupaten Bojonegoro menawarkan peluang investasi bidang peternakan kepada para pengusaha Jawa Timur lantaran memiliki potensi yang besar.
 
Bupati Bojonegoro Anna Muawanah mengatakan pada 2010 Bojonegoro menjadi kabupaten yang menyumbang produksi peternakan terbesar kedua di Jatim setelah Jember, tapi dalam beberapa tahun kurang mendapat perhatian sehingga sempat anjlok.
 
“Untuk itu sekarang kami ingin memacunya kembali dengan menambah populasi sapi agar bisa mengalahkan Tuban,” katanya dalam rilis, Rabu (5/12/2018).
 
Dia mengatakan besarnya potensi tersebut dapat dilihat dari luasnya lahan hijau yang cocok untuk pengembangan populasi sapi. Bahkan untuk ketersediaan pakan, Bojonegoro punya tanaman pangan seperti padi-padian dan jagung.
 
“Dari tanaman padi tersebut juga bisa memproduksi katul yang bisa digunakan untuk pakan ternak, lalu dari tanaman jagung bisa diambil bonggol dan daunnya juga bisa untuk pakan,” jelasnya.
 
Anna menambahkan, saat ini Pemkab Bojonegoro menyiapkan 40% lahan pertanian untuk ditanami singkong yang juga bisa diolah menjadi pakan ternak.
 
“Kami juga sudah siapkan dana insentif desa yang dapat digunakan untuk pengembangan peternakan, termasuk untuk pembangunan Rumah Potong Hewan (RPH) tahun depan,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper