Delegasi Lee Kuan Yew School Belajar ke Pemkot Surabaya

Sekitar 60 orang delegasi dari Lee Kuan Yew School Of Public Policy Singapura belajar mengenai berbagai bidang tata kelola perkotaan di Kota Surabaya, Jawa Timur, Senin (3/12/2018).
Bunga tabebuya bermekaran di Surabaya./Istimewa
Bunga tabebuya bermekaran di Surabaya./Istimewa

Bisnis.com, SURABAYA - Sekitar 60 orang delegasi dari Lee Kuan Yew School Of Public Policy Singapura belajar mengenai berbagai bidang tata kelola perkotaan di Kota Surabaya, Jawa Timur, Senin (3/12/2018).

"Kedatangan kami ke sini ingin belajar dan mengetahui bagaimana pembangunan dan sistem tata kelola kota di Surabaya," kata Assistant Professor Lee Kuan Yew School Of Public Policy Singapura, Tan Soo Jie Sheng di Balai Kota Surabaya.

Menurutnya, Surabaya mempunyai sistem tata kelola kota yang baik, sehingga pihaknya tertarik untuk mengetahui dan ingin belajar secara langsung  dengan berkunjung ke Surabaya.

Mendapati hal itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Surabaya, Irvan Wahyudrajat menyampaikan paparan bagaimana tata kelola kota yang selama ini diterapkan di Surabaya di antaranya sistem pelayanan publik, pemberdayaan ekonomi masyarakat, pengelolaan sampah, pembangunan infrastruktur, hingga sistem transportasi publik Suroboyo Bus.

"Untuk mengatasi problem transportasi, selain mengembangkan SITS (Surabaya Intelligent Transportation System) kami juga mengembangkan transportasi publik yang cukup nyaman dan ramah untuk para difabel. Bahkan, sudah dilengkapi dengan CCTV, sehingga keamanan cukup terjamin," jelasnya.

Terlebih, lanjutnya, Pemkot Surabaya juga telah menyediakan beberapa tempat parkir (park and ride) untuk meminimalisir dampak kemacetan akibat parkir badan jalan. 

Selain itu, ribuan CCTV juga telah terpasang di Surabaya, baik di dalam gedung pemerintahan, maupun di jalan-jalan protokol.

Menurutnya, hal ini sangat penting untuk mengontrol bagaimana karyawan bekerja dan me-monitoring kejadian-kejadian penting di Surabaya.

"CCTV kita juga sudah terkoneksi dengan kepolisian. Bahkan kita punya beberapa akses sosial media, sehingga masyarakat bisa mengakses informasi dan melaporkan jika ada kejadian ke Pemkot Surabaya," tambahnya.

Terkait pengelolaan sampah, Irvan mengaku pihaknya juga mengajak masyarakat ikut serta membantu pemerintah dalam mengurangi jumlah sampah, melalui program green and clean. Sehingga dalam setiap hari, Surabaya mampu mengurangi jumlah tumpukan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA). 

"Untuk manajemen pengelolaan sampah, kita juga punya rumah kompos. Beberapa rumah kompos juga sudah menghasilkan energi listrik," ujarnya.

Dalam bidang pemberdayaan ekonomi masyarakat, sejak 2010, Pemkot Surabaya sudah mulai menerapkan berbagai program bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, melalui usaha ekonomi produktif. 

Tujuannya, agar masyarakat bisa mandiri seperti dalam program Pahlawan Ekonomi dan Pejuang Muda.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper