Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Presiden Bertolak ke Papua Nugini Hadiri KTT APEC

Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo bertolak ke Port Moresby, Papua Nugini untuk menghadiri Pertemuan Pemimpin Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) ke-26.
Warga Port Moresby, Papua Nugini berjalan melewati spanduk Asia Pacific Economic Cooperation (APEC) yang digelar di kota itu pada 17-18 November  2018./Reuters-David Gray
Warga Port Moresby, Papua Nugini berjalan melewati spanduk Asia Pacific Economic Cooperation (APEC) yang digelar di kota itu pada 17-18 November 2018./Reuters-David Gray

Bisnis.com, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo bertolak ke Port Moresby, Papua Nugini untuk menghadiri Pertemuan Pemimpin Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) ke-26.

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima Bisnis, hari ini, Presiden dan rombongan berangkat dari Bandar Udara Internasional Mopah di Kabupaten Merauke, Provinsi Papua dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 pada Sabtu (17/11/2018) pukul 08.20 WIT.

Setibanya di Port Moresby, Presiden akan langsung menerima paparan internal oleh APEC Business Advisory Council (ABAC) Indonesia dan dilanjutkan dengan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri (PM) Kepulauan Solomon Rick Nelson Houenipwela.

Siang harinya, Jokowi bakal menghadiri rangkaian Pertemuan Pemimpin APEC yang dimulai dari pertemuan antara ABAC dengan Kepala Negara/Pemerintahan APEC. Setelahnya, Presiden juga akan mengikuti dialog antara Pemimpin APEC dengan pemimpin negara Kepulauan Pasifik.

Pada sore hari, Presiden direncanakan melakukan pertemuan bilateral dengan PM Papua Nugini Peter O’Neill dan disusul oleh pertemuan bilateral dengan Presiden China Xi Jinping.

Sebagai penutup agenda hari ini, Presiden dan Ibu Iriana dijadwalkan menghadiri jamuan makan malam dan pertunjukan kebudayaan bagi para pemimpin APEC.

Turut serta mendampingi Presiden Jokowi dan Ibu Iriana dalam penerbangan ke Papua Nugini antara lain Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI Trisno Hendradi, Kepala Protokol Negara Andri Hadi, Sekretaris Pribadi Presiden Anggit Noegroho, Komandan Paspampres Mayjen TNI (Mar) Suhartono, dan Staf Khusus Presiden Adita Irawati.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong telah terlebih dahulu tiba di Papua Nugini untuk menghadiri pertemuan tingkat menteri dan mempersiapkan kedatangan Presiden.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper