Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penyebaran BBM Pertamax Turbo di Kalimantan Makin Meluas

Bahan bakar Pertamax Turbo dengan Research Octane Number (RON) 98 kini semakin meluas di wilayah Kalimantan, setelah 4 kota yakni Balikpapan, Samarinda, Banjarbaru dan Palangkaraya, sudah dijangkau oleh bahan bakar berteknologi tinggi tersebut.
Petugas mengisikan BBM, di sebuah SPBU./JIBI-Nurul Hidayat
Petugas mengisikan BBM, di sebuah SPBU./JIBI-Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA - Bahan bakar Pertamax Turbo dengan Research Octane Number (RON) 98 kini semakin meluas di wilayah Kalimantan, setelah 4 kota yakni Balikpapan, Samarinda, Banjarbaru dan Palangkaraya, sudah dijangkau oleh bahan bakar berteknologi tinggi tersebut.

Di Balikpapan, Pertamax Turbo tersedia di SPBU Jalan Soekarno Hatta KM 4 Balikpapan, SPBU MT Haryono.

"Produk ini dihasilkan berkat research dan development yang dilakukan oleh pekerja Pertamina di Kilang Balongan," kata Region Manager Comm. & CSR Pertamina Kalimantan, Yudi Nugraha, dalam pernyataan persnya yang diterima Bisnis, Kamis (15/11/2018).

“Pertamax Turbo merupakan BBM berkualitas tinggi yang diformulasikan Pertamina bekerjasama dengan Lamborghini dan telah diuji di kejuaraan Lamborghini Blancpain Supertrofeo Series di Eropa," katanya.

Pertamax Turbo merupakan hasil pengembangan dari produk Pertamax Plus yang dilengkapi teknologi khusus yakni Ignition Boost Formula (IBF). Produk yang dijual dengan harga Rp 12.450 per liter ini telah sesuai dengan standar Euro 4 dengan kadar sulfur renda yang lebih ramah lingkungan.

Perkembangan teknologi mesin kendaraan yang semakin canggih seperti penggunaan supercharger dan turbocharger menjadikan tekanan kompresi mesin kendaraan semakin tinggi, sehingga diperlukan bahan bakar dengan oktan yang lebih tinggi.

Dia menjelaskan Pertamax Turbo terbukti mampu memenuhi kebutuhan tersebut, karena memiliki keunggulan untuk meningkatkan driveability kendaraan sehingga lincah bermanuver, akselerasi mesin menjadi lebih bagus karena torsi yang dihasilkan lebih tinggi, meningkatkan kecepatan maksimal (top speed) kendaraan.

Kemudian, meningkatkan tenaga mesin kendaraan dan menyempurnakan pembakaran bahan bakar pada mesin, sehingga cocok digunakan bagi kendaraan dengan perbandingan kompresi lebih dari 12.

“Jika di Eropa saja sudah diterima, kami optimis masyarakat di Tanah Air juga bisa merasakan performa Pertamax Turbo sebagai salah satu produk unggulan karya anak bangsa dari kilang Pertamina," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yusran Yunus
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper