Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelebaran Alur Tano Ponggol Danau Toba Rampung 2 Tahun Lagi

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat tengah memperlebar alur Tano Ponggol di Danau Toba, Kabupaten Samosir, Sumatra Utara untuk mendukung pengembangan Danau Toba sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional bertaraf internasional.
Alat berat melakukan pelebaran Alur Tano Ponggol Danau Toba./Kementerian PUPR
Alat berat melakukan pelebaran Alur Tano Ponggol Danau Toba./Kementerian PUPR

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat tengah memperlebar alur Tano Ponggol di Danau Toba, Kabupaten Samosir, Sumatra Utara untuk mendukung pengembangan Danau Toba sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional bertaraf internasional.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa dengan pelebaran, nantinya wisatawan dapat mengelilingi Pulau Samosir menggunakan kapal pesiar berukuran besar.

Tano Ponggol merupakan satu-satunya akses darat untuk menuju Pulau Samosir yang berada di tengah Danau Toba.

"Sektor pariwisata sangat potensial untuk dikembangkan di Indonesia. Kita memiliki keindahan alam dan ragam budaya yang begitu kaya dan tidak dimiliki banyak negara lain di dunia," kata Basuki melalui siaran pers, Selasa (13/11/2018).

Saat ini, alur Tano Ponggol sepanjang 1,50 kilometer mempunyai lebar rata-rata 25 meter dalam kondisi dangkal dan di beberapa bagian mengalami penyempitan sekitar 8 meter.

Proyek pelebaran alur Tano Ponggol dilaksanakan oleh Balai Wilayah Sungai Sumatera II, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air dengan kegiatan utama adalah pelebaran dan pendalaman alur sehingga akan dapat dilewati oleh kapal pesiar besar berbobot 2.000 dead weight tonnage.

Alur Tano Ponggol akan diperlebar menjadi 80 meter.

Sementara itu, untuk pekerjaan pendalaman akan dilakukan penggalian sedalam 5 meter atau memindahkan tanah sebanyak 169.914 meter kubik untuk mendapatkan elevasi dasar alur pada 807 meter di atas permukaan laut.

Secara keseluruhan, progres pelebaran alur telah mencapai 45% dan diharapkan selesai pada Desember 2019.

Kepala BWS Sumatera II Roy Pardede mengatakan bahwa proyek ini dilakukan secara tahun jamak. Kontrak pekerjaan proyek senilai Rp320 miliar itu dimulai pada Desember 2017.

Setelah pelebaran, pada sisi kiri dan kanan juga akan dibangun jalur pedesterian sebagai bagian dari penataan kawasan sekaligus dukungan objek wisata di Danau Toba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Irene Agustine
Editor : Zufrizal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper