Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Avian Naikkan Kapasitas Produksi Cat Dua Kali Lipat

Produsen cat PT Avia Avian (Avian Brands) bakal memperbesar kapasitas pabriknya menjadi dua kali lipat secara bertahap seiring dengan semakin meningkatnya kebutuhan cat di sektor properti.
Pabrik Cat Avian di Sidoarjo. Foto: Google Street Agustus 2017
Pabrik Cat Avian di Sidoarjo. Foto: Google Street Agustus 2017


Bisnis.com, SURABAYA - Produsen cat PT Avia Avian (Avian Brands) bakal memperbesar kapasitas pabriknya menjadi dua kali lipat secara bertahap seiring dengan semakin meningkatnya kebutuhan cat di sektor properti.

Vice President Director Avian Brands Ruslan Tanoko mengatakan saat ini Avian memiliki kapasitas pabrik cat sebesar 300 juta kg/tahun. Sebanyak 80% di antaranya berada di pabrik Sidoarjo, 15% Cirebon dan 5% berada di Medan.

"Kapasitas pabrik ke 4 yang di Cirebon ini besarnya nanti akan sama dengan yang di Sidoarjo, kalau bisa sampai 300 juta kg lagi, tapi peningkatan kapasitas ini akan bertahap dan sekarang masih tahap pengurusan izin," katanya, Rabu (14/11/2018).

Dia menjelaskan saat ini dari total kapasitas pabrik cat Avian, tingkat utilitinya sudah mencapai 80% an. Untuk itu, lanjutnya, Avian harus mengejar penambahan kapasitas di tengah kebutuhan cat dekoratif.

Menurutnya pasar cat di Indonesia masih sangat besar, apalagi pembangunan properti saat ini gencar digarap pengembang. Diperkirakan angka kebutuhan cat di Indonesia saat ini mencapai Rp18 triliun—Rp20 triliun.

Ruslan menambahkan tahun ini Avian mengalami pertumbuhan penjualan hampir 20% an. Penjualan terbanyak dikontribusi oleh produk cat kayu dan besi, dan yang mengalami pertumbuhan tinggi yakni cat waterprof seperti No Drop serta cat tembok.

"Ke depan kami akan masuk ke segmen marine dan cat protektif karena kita punya 17.000 pulau yang pasti punya banyak kapal besar dan kecil, lalu cat protektif karena banyak jembatan dan tower, jadi pasarnya masih sangat luas," katanya.

Ruslan menambahkan meski memproduksi cat bagi Avian begitu mudah, tetapi tingkat persaingannya cukup ketat. Setidaknya ada sekitar 400 perusahaan cat dan puluhan ribu merek yang berlomba-lomba menawarkan produknya.

Namun begitu, kata Ruslan, Avian percaya diri karena telah memiliki 78 kantor cabang pemasaran yang tersebar di seluruh Indonesia. Bahkan tahun depan Avian akan menambah kantor cabang sebagai pusat distribusi cat terutama kota-kota kecil yang belum terjangkau.

"Bukan hanya di kota besar tapi wilayah yang cukup terpencil juga ada seperti di Maumere, Lhokseumawe, Maluku, Rengat, Pematang Siantar, Kota Bumi Baturaja. Tahun depan kita akan buka di Jayapura, lalu Sorong agar penetrasi kita semakin luas," jelasnya.

Untuk menunjang bisnisnya, Avian telah membangun gedung Avian Brands setinggi 21 lantai di Jl. A Yani Surabaya senilai Rp300 miliar. Selain itu, juga tengah membangun gedung Research and Development (R&D) di Sidoarjo seluas 5.000 m2. Gedung ini ditargetkan rampung pada 2018.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper