Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelaku UMKM Korea Selatan Bidik Kerja Sama dengan 10.000 Perusahaan Indonesia

Asosiasi pelaku usaha small medium enterprise asal Korea Selatan membidik kerja sama pada 5.000 hingga 10.000 perusahaan Tanah Air.
Perajin memproduksi batik di Kampung Batik Kauman, Pekalongan, Jawa Tengah, Kamis (27/9/2018)./ANTARA-Harviyan Perdana Putra
Perajin memproduksi batik di Kampung Batik Kauman, Pekalongan, Jawa Tengah, Kamis (27/9/2018)./ANTARA-Harviyan Perdana Putra

Bisnis.com, JAKARTA - Asosiasi pelaku usaha small medium enterprise asal Korea Selatan membidik kerja sama pada 5.000 hingga 10.000 perusahaan Tanah Air.

Executive Director Innobiz Association Hong Chang Woo mengatakan Indonesia merupakan pasar yang baik dalam pengembangan teknologi informasi dan internet of things (IoT), terlebih dalam rangka mendorong industri 4.0. 

"Ini tahun pertama kami, sudah 2 kali diadakan acara business meeting dengan perusahaan-perusahaan Indonesia. Yang kemarin, di September ada 8 perusahaan yang ikut dan sebagian besar kontrak dengan kami. Yang saat ini kami berharap bisa banyak perusahaan yang MoU dengan 20 perusahaan asal Korsel yang datang ke Indonesia," ujarnya kepada Bisnis.com, Rabu (14/11/2018).  

Adapun, pihaknya menargetkan ke depannya dapat bekerja sama dengan perusahaan SME asal Indonesia sebanyak 5.000 hingga 10.000 perusahaan. 

Selain Indonesia, Innobiz juga menyasar perusahaan di negara Vietnam dan Thailand. Untuk negara Vietnam sendiri, Innobiz sejak 3 tahun lalu telah bekerjasama 500 perusahaan. Namun angka itu jauh dari yang ditargetkan Innobiz yang mencapai 10.000 perusahaan. 

"Kerja sama dengan Vietnam sudah dilakukan sejak 3-4 tahun lalu. Saat ini kami fokus ke Indonesia dan kami berharap bisa mencapai 5.000 hingga 10.000 nantinya yang kerjasama kami," kata Hong.

Dia berharap dengan bekerjasama dengan perusahaan Indonesia nantinya dapat saling menyalurkan ilmu, teknologi, dan dimungkinkan adanya investasi yang masuk ke Indonesia. 

"Bisa juga bikin cabang maupun pabrik di Indonesia. Tapi ya kendalanya di izin yang sulit di Indonesia," ucapnya. 

Innobiz merupakan asosiasi perusahaan UMKM di Korea Selatan dimana anggotanya sebanyak 18.000 perusahaan. Di Korea Selatan sendiri punya 400.000 perusahaan SME yang memiliki inovasi teknologi yang canggih. 

"Perusahaan yang masuk dalam Innobiz selektif dan mereka merasakan manfaatnya dari 16 tahun lalu yakni dari segi pendapatan meningkat sekitar 50% dan karyawan juga meningkat 50% jumlahnya," tutur Hong. 

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum Yayasan CEO Indonesia Trisya Suherman menambahkan dengan perusahaan-perusahaan asal Korea Selatan yang bekerja sama langsung dengan perusahaan Indonesia terutama untuk meningkatkan inovasi teknologi UMKM ini tentu berdampak positif. 

Pasalnya selama ini perusahaan Tanah Air kesulitan memperoleh informasi peningkatan teknologi usaha UMKM. 

"Ini bagus banget, Innobiz bantu kami untuk dapat bekerjasama meningkatkan bisnis kami," ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper