Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mabes Polri Gandeng Kominfo Amankan Website Penyelenggara Pemilu dari Peretas

Mabes Polri menggandeng Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) untuk memperketat pengamanan pada sejumlah website pemerintah terutama situs penyelenggara pemilu yang kini menjadi target utama para peretas.
Ilustrasi/youtube
Ilustrasi/youtube

Bisnis.com, JAKARTA--Mabes Polri menggandeng Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk memperketat pengamanan pada sejumlah website pemerintah terutama situs penyelenggara pemilu yang kini menjadi target utama para peretas.
 
Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Setyo Wasisto mengakui beberapa waktu lalu pihaknya menangkap 4 pelaku pembobol situs Pengadilan Negeri Unaaha Sulawesi Tenggara. Namun, lanjut Setyo, 3 pelaku di antaranya dikembalikan ke orang tua masing-masing karena masih di bawah umur.

Menurut Setyo, para pelaku menargetkan pembobolan situs pemerintah dengan domain .go.id dan tidak menutup kemungkinan juga membobol website penyelenggara pemilu seperti KPU dan Bawaslu menjelang Pilpres dan Pileg 2019.

"Kami sudah bekerja sama dengan Kemkominfo dan Direktorat Siber untuk memagari dan mengamankan semua situs pemerintah, terutama yang berkaitan dengan situs pemilu," tuturnya, Selasa (13/11/2018).

Menurut Setyo, leading sector pengamanan website pemerintah tersebut ada di Kemkominfo. Kendati demikian, Setyo juga mengatakan Direktorat Tindak Pidana Siber (Dit Tipidsiber) Bareskrim Mabes Polri akan dilibatkan untuk membantu Kemkominfo dalam mengamankan semua ancaman serangan siber dari para peretas.

"Jadi institusi yang mengawal itu adalah Kominfo ya. Tapi kan nanti Kominfo juga bekerja sama dengan Direktorat Siber, kami akan bersinergi mengamankan semua situs pemerintah," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper