Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pala asal Sangihe Tembus Pasar Kanada

Asosiasi Petani Organik Komunitas Mandiri Sangihe bersama PT Alam Sari Interbuana menandatangani nota kesepahaman (MOU) dengan pengusaha Kanada untuk pembelian dan ekspor pala organik.
Pohon Pala/Kementan
Pohon Pala/Kementan

Bisnis.com, MANADO--Asosiasi Petani Organik Komunitas Mandiri Sangihe bersama PT Alam Sari Interbuana menandatangani nota kesepahaman (MOU) dengan pengusaha Kanada untuk pembelian dan ekspor pala organik.

"Pengusaha di Sangihe dengan Kanada telah menandatangani MOU untuk pembelian pala organik dari Sangihe," kata Wakil Bupati Kepulauan Sangihe, Helmud Hontong, di Tahuna, Sulawesi Utara, Senin.

Menurut dia, seperti ditulis Antara, realisasi penandatanganan MOU akan diawali dengan ekspor perdana pala organik dari Sangihe ke Kanada.

"Saat ini sedang dipersiapkan untuk ekspor perdana ke Kanada dari Sangihe," kata dia.

Direktur PT Alam Sari Interbuana Sigit Ismaryanto mengatakan ekspor ke Kanada akan memberikan dampak peningkatan ekonomi bagi para petani.

Bila tidak ada halangan, kata dia, minggu ini sudah akan dikirim jenis pala organik A ke Kanada.

"Dampak yang dirasakan masyarakat, pertama adalah harga yang perbedaannya berkisar hingga dua persen dari harga konvensional, sehingga pendapatan petani meningkat. Selain itu kualitas dari hasil pala juga akan terkontrol," jelasnya.

Sementara itu, Manager Internal Control System (ICS) Asosiasi Petani Organik Komunitas Mandiri Sangihe (APO KOMASA) Taufig Onthoni mengungkapkan pada empat kecamatan telah terbentuk 10 kelompok APO KOMASA.

"Kami sudah bentuk 10 kelompok tani dengan anggota 271 petani tersebar di beberapa kecamatan yang ada di kepulauan Sangihe," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rustam Agus
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler