Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Berbulan-bulan Tak ‘Ngantor’, Tokoh Masyarakat Timika Pertanyakan Bupati Omaleng yang Tinggal di Jakarta

Tokoh masyarakat Mimika di Papua, Athanasius Allo Rafra, mempertanyakan keberadaan Bupati Timika Eltinus Omaleng yang selama beberapa bulan terakhir tidak pernah berada di Timika.
Bupati Mimika Eltinus Omaleng/Antara
Bupati Mimika Eltinus Omaleng/Antara

Bisnis.com, TIMIKA - Tokoh masyarakat Mimika di Papua, Athanasius Allo Rafra, mempertanyakan keberadaan Bupati Mimika Eltinus Omaleng yang selama beberapa bulan terakhir tidak pernah berada di Timika.

“Saudara Bupati Omaleng selama beberapa bulan ini ada di mana," tanya Allo Rafra di Timika, Senin (12/11/2018).

Mantan penjabat Bupati Mappi dan Mimika itu menilai seorang pejabat, apalagi seorang bupati tidak bisa pergi meninggalkan daerah dalam kurun waktu yang sangat lama tanpa meninggalkan kewenangan kepada jajaran di bawahnya.

"Kalau beliau sakit, seharusnya ajukan surat secara resmi agar pimpinan atas menunjuk pelaksana tugas. Tidak bisa suatu daerah tanpa kehadiran seorang pemimpin selama berbulan-bulan, sementara kewenangan untuk mengurus segala sesuatunya masih melekat pada yang bersangkutan," ujar mantan kepala Biro Tata Pemerintahan Pemprov Papua itu.

Allo Rafra mengaku prihatin dengan situasi dan kondisi yang terjadi di lingkungan Pemkab Mimika saat ini, karena ada begitu banyak persoalan yang membutuhkan penyelesaian cepat, namun tidak terurus atau tertangani secara baik.

Sebagai contoh, katanya, masalah tuntutan uang lauk pauk (ULP), Tunjangan Tambahan Penghasilan dan insentif guru-guru SMA-SMK di Mimika yang mencapai nilai sekitar Rp24 miliar.

Buntut dari persoalan itu, guru-guru SMA-SMK di Mimika sempat mogok mengajar selama hampir satu pekan belum lama ini.

"Tuntutan guru-guru SMA-SMK itu sampai sekarang belum ada solusi. Mengingat itu tidak dianggarkan dalam APBD 2018. Saudara Bupati Mimika harus mencari solusi untuk mengatasi persoalan itu. Tapi, bagaimana mau ada solusi kalau bupatinya selalu tinggal di Jakarta," tutur Allo Rafra.

Selain masalah guru-guru SMA-SMK, Pemkab Mimika hingga kini belum merealisasikan pembayaran insentif guru-guru honor sekolah dan honor yayasan sejak tahun 2017, permasalahan dengan perusahaan Irian Jaya Sehat (IJS) yang dicabut rekomendasi penjualan minuman beralkohol (masalah ini sementara digugat di PTUN Jayapura).

Persoalan lain yang mengemuka di Mimika yaitu soal gangguan keamanan yang dialami masyarakat Amungme di Kampung Banti Distrik Tembagapura serta penyelesaian kasus mogok kerja 8.300 karyawan permanen PT Freeport Indonesia dan perusahaan subkontraktornya sejak Mei 2017.

"Penyelesaian semua persoalan tersebut membutuhkan kehadiran saudara Bupati bersama unsur pemerintah daerah lainnya untuk dapat mengatasinya. Ketika saudara dilantik menjadi pemimpin, saudara harus memikul tanggung jawab untuk mengurus pemerintahan dan masyarakat, bukan malah lari meninggalkan tanggung jawab saudara," kata Allo Rafra yang juga pernah menjabat Ketua Komisi A DPRD Mimika itu.

Ia meminta Gubernur Papua Lukas Enembe dan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo agar segera mengevaluasi kinerja Bupati Mimika Eltinus Omaleng selama memimpin Kabupaten Mimika sejak 5 September 2014.

"Saya pribadi tidak ada persoalan dengan saudara Bupati Omaleng, tapi kalau kondisi pemerintahan di Mimika semakin tidak jelas, saya selaku perintis kabupaten ini tidak bisa membiarkan kondisi seperti itu terus berlangsung. Gubernur Papua dan Mendagri harus melihat masalah ini," tutur Allo Rafra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler