Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tol Jakarta-Surabaya Nyambung Akhir 2018, Waktu Tempuh 10 Jam

Jasa Marga memperkirakan tersambungnya tol Trans Jawa dari Jakarta-Surabaya akan mempercepat waktu tempuh perjalanan menjadi 10 jam saja.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, SURABAYA -- Jasa Marga memperkirakan tersambungnya tol Trans Jawa dari Jakarta-Surabaya akan mempercepat waktu tempuh perjalanan menjadi 10 jam saja.

Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Desi Arryani mengatakan perhitungan tersebut sesuai dengan estimasi panjang jalan tol Jakarta--Surabaya sepanjang 850 km.

Dengan kecepatan rata-rata kendaraan 100 km/jam, maka secara normal perjalanan dapat ditempuh sekitar 8,5 jam.

"Ditambah berhenti makan dan istirahat, idealnya Jakarta--Surabaya itu tidak akan lebih dari 10 jam," kata Desi di Gerbang Tol Waru Gunung, Surabaya, Minggu (11/11/2018).

Namun, Desi mengatakan ringkasnya waktu tempuh tersebut kemungkinan besar belum bisa dirasakan pada saat jaringan tol Jakarta--Surabaya dapat beroperasi full pada akhir tahun.

Pasalnya, lalu lintas satu ruas tol dalam bagian Trans Jawa, yakni Jakarta--Cikampek  (Japek) masih sangat padat imbas pengerjaan proyek tol Jakarta--Cikampek Elevated.

"Mohon maaf Japek masih crowded luar biasa tapi kalau kami enggak melanjutkan, ini malah fatal bisa terkunci [lalu lintas]. Kira-kira setengah tahun lagi Japek di Lebaran itu bisa, minimal bisa fungsional," jelasnya.

Dengan kondisi lalin Japek yang masih sangat padat, Desi memperkirakan waktu tempuh Jakarta--Surabaya lewat Trans Jawa  sekitar 14 jam.

"Mungkin kalau saat ini 14 jam ya, tergantung lalin di Jakarta--Cikampek," ujarnya.

Sebagai informasi, dari 19 pengusahaan jalan tol dari Merak--Banyuwangi yang ada saat ini, JSMR memiliki kepemilikan di 12 ruas tol.

Pemerintah menargetkan sampai akhir tahun ini ruas Jakarta--Surabaya dapat tersambung. Pada tahun depan, ruas Merak--Banyuwangi diharapkan bisa tersambung seluruhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Irene Agustine
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper