Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penyaluran KUR di Sumbar Ditargetkan Rp5,4 Triliun

Otoritas Jasa Keuangan menargetkan total penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) di Sumatra Barat tahun ini sesuai dengan perkiraan sebesar Rp5,4 triliun.
Petugas bank menjelaskan mengenai kredit usaha rakyat (KUR)./Antara-R. Rekotomo
Petugas bank menjelaskan mengenai kredit usaha rakyat (KUR)./Antara-R. Rekotomo

Bisnis.com, PADANG – Otoritas Jasa Keuangan menargetkan total penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) di Sumatra Barat tahun ini sesuai dengan perkiraan sebesar Rp5,4 triliun.

Kepala Perwakilan OJK Sumbar Darwisman mengingatkan perbankan penyalur KUR di daerah itu untuk mempercepat realisasi penyaluran, sehingga target yang dipatok pemerintah sebesar Rp5,4 triliun bisa terpenuhi.

“Perbankan penyalur KUR harus bisa penuhi target sebesar Rp5,4 triliun itu, sehingga tahun depan bisa plafonnya bisa lebih besar lagi,” ujarnya.

Dia mengatakan hingga September 2018 angka penyaluran KUR di daerah itu sudah mencapai Rp3,9 triliun, dan diyakini bakal sesuai target hingga tutup buku.

Menurutnya, KUR sangat membantu permodalan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Sumbar yang rata-rata skala usaha adalah mikro dan kecil, sehingga berkontribusi meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Apalagi, jumlah UMKM di Sumbar juga sangat besar, klaim pemda setempat jumlah UMKM di daerah mencapai 900.000 unit yang tersebar di 19 kabupaten dan kota.

Darwisman menyebutkan jika seluruh UMKM sudah mendapatkan akses permodalan dari perbankan melalui KUR dengan bunga rendah, dia meyakini akan berkontribusi menambah lowongan kerja dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

Adapun, bank penyalur KUR di daerah itu adalah BRI, Bank Mandiri, BNI, dan bank milik pemda yakni Bank Nagari.

Direktur Utama Bank Nagari Dedy Ihsan menyebutkan total alokasi penyaluran KUR untuk bank daerah tersebut tahun ini sebesar Rp1,1 triliun.

“Tahun ini kami cukup banyak [alokasi KUR]. Totalnya adalah Rp1,1 triliun, dan target kami selesai sampai Desember,” tuturnya.

Dia menyebutkan alokasi KUR itu disalurkan untuk mendukung pengembangan UMKM Sumbar, terutama di bidang usaha perdagangan, pertanian, perikanan dan usaha-usaha lainnya yang mendukung kegiatan pariwisata.

Dedy berharap alokasi KUR untuk bank tersebut tahun depan masih tetap tinggi, sebab masih banyak pelaku usaha di Sumbar yang belum mendapatkan akses permodalan bank, dan memerlukan pinjaman ringan untuk mengembangkan usahanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Heri Faisal

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper