Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Stok Logistik Pemkot Palu bagi Pengungsi Cukup untuk Sepekan

Stok logistik, khususnya kebutuhan pokok yang dimiliki Pemkot Palu, Sulawesi Tengah untuk memenuhi kebutuhan para pengungsi korban bencana gempa, tsunami dan likuifaksi yang teresebar 140-an titik pengungsian terpadu di seluruh Kota Palu cukup untuk sepekan ke depan.
Warga terdampak gempa mencuci peralatan dapur di Kamp Pengungsian Sementara di halaman Masjid Agung Darussalam Palu, Sulawesi Tengah, Kamis (8/11/2018)./Antara
Warga terdampak gempa mencuci peralatan dapur di Kamp Pengungsian Sementara di halaman Masjid Agung Darussalam Palu, Sulawesi Tengah, Kamis (8/11/2018)./Antara

Bisnis.com, PALU – Stok logistik, khususnya kebutuhan pokok yang dimiliki Pemkot Palu, Sulawesi Tengah untuk memenuhi kebutuhan para pengungsi korban bencana gempa, tsunami dan likuifaksi yang teresebar 140-an titik pengungsian terpadu di seluruh Kota Palu cukup untuk sepekan ke depan.

Koordinator Bidang Logistik pada Pos Komando Transisi Darurat ke Pemulihan yang juga Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Palu Arfan mengatakan di Palu, Jumat (9/11/2018), saat ini bantuan tersebut disimpan di gudang logistik milik Pemerintah Kota Palu.

"Distribusi logistik kepada pengungsi menjadi tanggung jawab masing-masing kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD)) yang ditugaskan untuk melayani korban di sejumlah kelurahan. Logistik yang diambil berdasarkan data terakhir jumlah pengungsi," kata Arfan.

Logistik yang dimilik Pemkot Palu saat ini, kata Arfan, meliputi beras sekitar150 ton, mi instan, air mineral dan biskuit. Logistik tersebut nantinya akan diambil langsung oleh kepala OPD beserta tim yang bertugas di setiap kelurahan yang telah ditentukan berdasarkan SK Wali Kota Palu tentang pembentukan pos komando transisi darurat ke pemulihan Kota Palu.

"Saya mohon jangan sampai ada pengungsi yang pergi ke gudang penyimpanan logistik untuk meminta bantuan. Semua harus melalui OPD yang sudah ditunjuk bertugas di tiap kecamatan. Insya Allah logitsik yang kita miliki masih cukup sampai seminggu ke depan. Artinya hingga minggu ke tiga atau keempat bulan November, kebutuhan pokok untuk pengungsi masih dapat kita penuhi," ujar Arfan.

Setelah seminggu ke depan, Arfan memastikan kebutuhan logisik pengungsi akan tetap dapat dipenuhi, karena Pemkot Palu telah menganggarkan tidak kurang Rp30 miliar untuk membeli kebutuhan-kebutuhan pokok yang nantinya akan disalurkan kepada pengungsi di lokasi-lokasi pengungsian sementara yang sampai saat ini masih tercatat sekitar 140 titik di seluruh kecamatan di ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah itu.

"Kami sudah menyelesaikan penganggaran logistik untuk para pengungsi hingga bulan Desember. Nilainya kurang lebih Rp34 miliar, terdiri atas beras, ikan asin, minyak goreng, mi instan, ikan kaleng, sayur mayur, teh dan gula," kata Arfan.

Wali Kota Palu Hidayat menyebut hingga saat ini korban gempa, tsunami dan likuifaksi yang bertahan di shelter-shelter pengungsian yang tersebar di seluruh kecamatan di Palu tidak kurang dari 48 ribu jiwa. Jumlah tersebut menurun jika dibanding posisi akhir pekan lalu sekitar 87 ribu jiwa.

"Mereka ini kalau siang banyak tidak berada di tempat-tempat pengungsian karena bekerja dan sebagainya. Kalau malam baru mereka kembali ke tempat mengungsi dan tidur di sana," ujar Hidayat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper