T Systems Dorong Transformasi Digital Sektor Kesehatan di Indonesia

Oleh: Syaiful Millah 09 November 2018 | 07:12 WIB
T Systems Dorong Transformasi Digital Sektor Kesehatan di Indonesia
Senior Project Manager T-Systems Singapore Stefanus Tirtosuharto (dari kiri), berbincang dengan Corporate IT Director Eka Hospital Hasan Widjaja, Managing Director T-Systems Asia South Arkadiusz Czopor dan Head Systems Integration T-Systems Singapore Sameer Salunkhe, usai konferensi pers, di Jakarta, Kamis (8/11/2018)./JIBI-Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA – T Systems, perusahaan konsultasi dan layanan teknologi informasi asal Jerman, mendorong transformasi digital di bidang kesehatan, khususnya rumah sakit di Indonesia.

Managing Director T Systems Asia South, Arkadiusz Czopor, mengatakan industri kesehatan saat ini tengah menghadapi evolusi ketiga gelombang teknologi yang meliputi pemberdayaan pasien yang meningkat hingga tingginya mobilitas dan tren internet of things.

“Pemberdayaan pasien adalah pengaruh utama yang mendorong industri ini untuk bertransformasi di seluruh rantai bisnis,” katanya di Jakarta, Kamis (8/11/2018).

Czopor melanjutkan bahwa di era digitalisasi, konsumen membutuhkan layanan kesehatan yang dapat dipersonalisasi seperti diagnosa kesehatan dan bimbingan pencegahan penyakit secara transparan dan hemat hemat biaya.

Menurutnya, transformasi digital memungkinkan penyedia layanan kesehatan mencapai tujuan dengan mengutamakan peanggan dan meningkatkan pengalaman pasien secara keseluruhan.

Tidak hanya itu, para pemain di industri kesehatan perlu mengimplementasikan beragam aplikasi dan teknologi yang memungkinkan otomatisasi llebih efisien, pengambilan keputusan yang lebih baik, konektivitas yang kuat, dan inovasi berbasis data yang lebih canggih.

T Systems bekerja sama dengan System Application and Product (SAP) di Indonesia untuk memberikan solusi kesehatan terpadu bagi para pemain industri tanah air.

Salah satu penggunanya adalah rumah sakit Eka Hospital, yang menerapkan solusi SAP Healthcare, logistik, dan manajemen keuangan dengan T Systems.
Solusi tersebut bertujuan untuk menerapkan model sistem yang selaras dengan seluruh rumah sakit dan klinik Eka, sehingga dapat melayani pasien secara optimal dan mengefisiensi proses back office melalui aktivitas yang terintegrasi.

Czopor mengatakan pihaknya melakukan ekpansi bisnis dengan membuka kantor di Indonesia dengan menggandeng staf lokal untuk menjadi penyedia layanan integrator sistem terpercaya.

“Kami berkomitmen untuk membantu industri kesehatan di Indonesia dalam perjalanan transformasi digital mereka,” katanya.
Ke depan, dirinya mengungkapkan akan memberikan edukasi kepada pelaku di industri kesehatan tentang pentingnya transformasi digital dalam rangka adaptasi dan menghadapi persaingan yang semakin ketat.

Selain itu, Czopor juga akan membangun komunikasi dengan pemerintah dan pihak terkait sebagai bentuk dukungan sekaligus membuka peluang kerja sama, mengingat pemerintah memiliki andil besar terhadap pelaku industri di bidang kesehatan.
 
 

Editor: Nancy Junita

Berita Terkini Lainnya