Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dukung Pencegahan Stunting, Ewindo-Balitkabi Luncurkan Varietas Unggul Kacang Hijau

PT East West Seed Indonesia atau Ewindo berkerja sama dengan Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi (Balitkabi) Kementerian Pertanian meluncurkan varietas unggul kacang hijau guna mewujudkan program mencegah stunting (tumbuh kerdil) akibat gizi buruk.
Managing Director PT East West Seed Indonesia (Ewindo) Glenn Pardede (kiri) berbincang dengan Ketua KTNA Winarno Tohir saat peluncuran benih unggul kacang hijau VIMA 1, di Jakarta, Rabu (7/11/2018)./JIBI-Abdullah Azzam
Managing Director PT East West Seed Indonesia (Ewindo) Glenn Pardede (kiri) berbincang dengan Ketua KTNA Winarno Tohir saat peluncuran benih unggul kacang hijau VIMA 1, di Jakarta, Rabu (7/11/2018)./JIBI-Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA – PT East West Seed Indonesia  atau Ewindo berkerja sama dengan Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi (Balitkabi) Kementerian Pertanian meluncurkan varietas unggul kacang hijau guna mewujudkan program mencegah stunting (tumbuh kerdil) akibat gizi buruk.

Managing Director Ewindo Glenn Pardede mengungkapkan bahwa sebagai tahap awal, perusahaan menargetkan penjualan varietas VIMA 1 sebanyak 60 ton pada 2019. 

“Dalam 5 tahun ke depan bisa mencapa 1.800 ton atau 30% kebutuhan benih nasional," katanya dalam diskusi bertajuk Benih Unggul untuk Mensejahterakan Petani, Meraih Ketahanan Pangan dan Pencapaian Nutrisi.

Menurut Organisasi Pangan dan Pertanian Dunia (FAO), tanaman kacang-kacangan bisa menjadi salah satu solusi ketahanan pangan, karena mampu menghadapi perubahan iklim serta memiliki sumber protein nabati yang tinggi dan jauh lebih murah daripada protein hewani.

Glenn menjelaskan kacang hijau adalah tanaman penting di Indonesia yang memiliki nutrisi tinggi dan kemampuan untuk bertahan di tanah kering, khususnya di Indonesia Timur. Konsumsi domestik kacang hijau saat ini sekitar 280.000 ton per tahun, dengan rata-rata kepemilikan lahan 0,5 hektare per petani dan rata rata produktivtas 0,8-1 ton per hektare. Di Indonesia, sebesar 86% dari pasokan domestik diproduksi oleh Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, NTB, dan NTT. 

Glenn dalam diskusi yang diselenggarakan pemerintah Australia dan PRISMA (Promoting Rural Income through Support for Markets in Agriculture) menjelaskan bahwa dalam 1 dekade terakhir, kacang hijau sedang mengalami tren penurunan produktivitas. “Banyak faktor yang membuat rendahnya produktivitas kacang hijau di petani, di antaranya sekitar 54% petani masih menggunakan kacang hijau konsumsi dari pasar tradisional sebagai benih untuk ditanam.”

Sejumlah petani lainnya membeli benih untuk ditanam dari toko pertanian tetapi benih tersebut juga adalah kacang hijau untuk konsumsi. Sedikit sekali toko pertanian yang menjual benih unggul bersertifikat. Jika dihitung dari konsumsi kacang hijau di Indonesia, kebutuhan benih kacang hijau lebih kurang 6.000 ton atau sekitar Rp122 miliar per tahun. Sampai saat ini ketersediaan benih berkualitas tinggi masih sangat rendah.

Glenn Pardede mengatakan, peluncuran benih ini sebagai upaya untuk meningkatkan produksi kacang hijau yang sejalan dengan agenda peningkatan ketahanan pangan dan gizi nasional.

Menurut Rudi Iswanto, selaku pemulia kacang hijau di Balitkabi, varietas VIMA 1 memiliki keunggulan di antaranya umur genjah, panen serempak, dan potensi hasil yang tinggi mencapai 1,76 ton per hektare. Di samping itu, varietas ini juga memiliki ketahanan terhadap penyakit embun tepung yang pada umumnya merugikan petani di masa tanamnya.

Indonesia terbilang masih rendah dalam sisi konsumsi kacang hijau, meskipun tanaman ini kaya akan kandungan gizi yang tinggi. Kacang hijau juga merupakan salah satu sumber protein nabati yang paling baik.

Berdasarkan data US Departement of Agriculture, dalam 100 gram kacang hijau terdapat 23 gram protein.  Angka ini termasuk cukup tinggi bila dibandingkan dengan bahan makanan pokok lainnya seperti beras yang memiliki kandungan protein 7,6 gram, jagung 9,8 gram dan gandum 7,3 gram. Selain kandungan protein yang tinggi, kacang hijau juga memiliki kandungan serat tinggi sebesar 16,6 gram dalam setiap 100 gram-nya dan memiliki kandungan vitamin dan mineral yang lengkap. Dengan kandungan dan nilai gizi yang tinggi, kacang hijau bisa menjadi sebagai salah satu sumber utama bahan makanan yang bermanfaat bagi kesehatan dan dapat mencegah terjadinya stunting.

Merujuk data dari World Health Organization (WHO) 2017, di Indonesia tercatat 7,8 juta dari 23 juta balita adalah penderita stunting atau sekitar 35,6%. Sebanyak 18,5% kategori sangat pendek dan 17,1% kategori pendek. Ini juga yang mengakibatkan WHO menetapkan Indonesia sebagai negara dengan status gizi buruk.

"Niat kami melakukan ekspansi ke komoditas kacang hijau tersebut, salah satunya untuk mendongkrak konsumsi kacang hijau yang masih rendah di Indonesia terutama untuk pemenuhan gizi di masyarakat. Hal ini pun sejalan dengan program pemerintah yang tengah menggalakkan program nasional mengurangi tingginya angka stunting sebagai bagian dari pembangunan sumber daya manusia ke depannya," ujar Glenn.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper