Begini Caranya Mengetahui Investasi Tepat Guna Untuk Anda

Oleh: Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh 08 November 2018 | 11:11 WIB
Begini Caranya Mengetahui Investasi Tepat Guna Untuk Anda
Ilustrasi/Sheknows

Bisnis.com, JAKARTA - Jika Anda baru memulai ingin berinvestasi Anda pasti melakukan riset atau membaca artikel-artikel mengenai manajemen keuangan.

Namun, terkadang membaca atau mendengar cerita dari teman-teman Anda yang sudah lebih dulu berinvestasi dirasa tidak cukup.

Ardo Ryan Dwitanto, Dosen IPMI International Bussiness School menyarankan Anda untuk berkonsultasi kepada perencana keuangan.

"Bisa berkonsultasi [lebih dulu] pada profesi ini, bagaimana untuk merencanakan keuangan Anda," jelas Ardo saat dihubungi Bisnis, Kamis (8/11/2018).

Perencana keuangan biasanya memiliki gelar Certified Financial Planner (CFP) Review. CFP® merupakan sertifikasi perencana keuangan profesional yang diakui secara internasional dan paling terkenal di dunia. 

"Biasanya kalau kita mau investasi reksa dana biasanya penjualan reksa dananya itu ada yang sudah bersertifikat CFP®, orang yang semacam ini tidak hanya berjualan produk, tetapi dia juga mengerti bagaimana caranya merencanakan keuangan untuk kliennya," lanjutnya.

Namun, jika Anda belum berani menemui CFP® karena berbagai alasan, Ardo menyarankan Anda untuk mengikuti seminar atau training mengenai pengelolaan keuangan, investasi dan sebagainya.

"Ada juga, karena sekarang zaman makin canggih, ada aplikasi-aplikasi misalnya, 'halo google' kira-kira investasi apa yang cocok untuk Anda, nanti biasanya aplikasi memberitahu, kalau mau lebih mendalam tentu ke financial planner," tandasnya.

Editor: Mia Chitra Dinisari

Berita Terkini Lainnya