GE Indonesia Donasi untuk Pemulihan Dampak Bencana di Lombok & Palu

Oleh: Denis Riantiza Meilanova 07 November 2018 | 08:46 WIB
GE Indonesia Donasi untuk Pemulihan Dampak Bencana di Lombok & Palu
Helikopter melakukan water-bombing berisikan cairan desinfektan untuk membunuh bakteri diwilayah Likuifaksi di wilayah Petobo, Kota Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng), Kamis (18/10/2018). Foto: BNPB

Bisnis.com, JAKARTA - GE Indonesia melalui GE Foundation menyerahkan donasi US$250.000 untuk mendukung program pemulihan dampak bencana yang dilakukan Habitat for Humanity (HFH) guna merekonstruksi infrastruktur air bersih dan unit sanitasi di Lombok, NTB dan Palu, Sulawesi Tengah yang rusak akibat gempa bumi dan tsunami.

Program ini diharapkan dapat membantu setidaknya 1.000 keluarga.

“Kami turut prihatin dengan terjadinya tsunami dan gempa bumi di Lombok dan Sulawesi Tengah. Untuk membantu masyarakat membangun kembali kehidupan mereka dengan cepat, GE Foundation gembira dapat bersama-sama dengan Habitat dalam merekonstruksi infrastruktur air bersih dan sanitasi untuk membantu keluarga yang terkena dampak bencana agar dapat melanjutkan kehidupan mereka,’’ ujar David Barash, Chief Medical Officer GE Foundation, melalui keterangan tertulisnya, Selasa (6/11).

GE dan Habitat for Humanities telah menjadi mitra jangka panjang di Indonesia dalam sejumlah proyek pemulihan dampak bencana dan pengembangan masyarakat. GE Foundation mendukung rekonstruksi infrastruktur air bersih dan sanitasi di Aceh dan Yogyakarta yang rusak parah akibat tsunami dan gempa bumi.

Selain itu, GE di Indonesia juga mengirimkan para sukarelawan yang terdiri dari karyawan dan keluarga GE untuk bekerja sama dengan tim Habitat for Humanity dalam proyek-proyek rekonstruksi seperti ini, serta dalam berbagai proyek pembangunan yang diselenggarakan Habitat for Humanities setiap tahunnya.

CEO GE Indonesia Handry Satriago mengatakan, pihaknya senang bisa melanjutkan kemitraan dengan Habitat for Humanity.

“GE berkomitmen untuk selalu memainkan peran aktif dalam pembangunan Indonesia, termasuk ketika terjadi bencana, dengan meringankan beban masyarakat yang tertimpa bencana seperti di Lombok dan Sulawesi Tengah,” katanya.

Direktur Nasional Habitat untuk Kemanusiaan Indonesia Susanto Samsudin mengatakan, segera setelah terjadinya gempa di Lombok dan Sulawesi Tengah pihaknya telah mengirimkan tim tanggap darurat untuk menyediakan bantuan darurat, tempat tinggal sementara, pembangunan rumah dan perbaikan infrastruktur masyarakat. Upaya selanjutnya sebagai bagian dari program jangka panjang pihaknya akan membangun kembali masyarakat yang terkena dampak, melalui rekontruksi fasilitas air bersih dan sanitasi di kedua wilayah tersebut.

Sementara itu, Program Bantuan Bencana dan Kemanusiaan General Electric memberikan bantuan bagi berbagai bencana dan krisis kemanusiaan besar di berbagai belahan dunia dengan memberdayakan karyawan GE, teknologi, dan sumber daya lain untuk mengurangi penderitaan dan mempercepat pemulihan. Pada 2017, kontribusi keuangan di bidang ini mencapai lebih dari US$2,4 juta.

Selain itu, program Matching Gifts GE Foundation juga memungkinkan karyawan untuk berkontribusi padaupaya bantuan krisis di komunitas lokal mereka, dimana GE Foundation akan menggandakan jumlah bantuan yang diberikan.

GE juga akan terus berkolaborasi dengan para mitra sektor swasta, lembaga pemerintah dan LSM yang relevan untuk membantumempersiapkan bencana yang mungkin terjadi di masa depan dan untuk bekerja di berbagai program dalam Agenda Jaminan Kesehatan Global (Global Health Security Agenda).

Editor: Sepudin Zuhri

Berita Terkini Lainnya