SMART CITY : Sulsel Bangun Kolaborasi

Oleh: k36 07 November 2018 | 02:00 WIB
SMART CITY : Sulsel Bangun Kolaborasi
Aplikasi Qlue/Antara

MAKASSAR — Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan mendorong 24 kabupaten dan kota di wilayah itu agar bisa menjadi daerah yang tak lagi minim akan perkembangan teknologi, utamanya di era digitalisasi saat ini. Hal itu kata Nurdin juga mampu menjadi faktor pendorong pemerataan ekonomi di wilayah Sulsel.

“Untuk membangun semua itu, kita butuh komunikasi yang kuat dan infrastruktur memadai. Karenanya kita juga buruh dukungan dari sejumlah pihak,” jelas Nurdin, Selasa (6/11).

Nurdin berencana melakukan kolaborasi dengan PT Telkom Indonesia. Nurdin menerangkan, beberapa daerah di Sulsel memiliki potensi untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi daerah. Hanya saja, tak sedikit dari daerah itu yang memiliki kendala dalam layanan telekomunikasi.

“Pihak PT Telkom sudah berkomitmen untuk mengawalinya dengan memaksimalkan layanan telekomunikasi di Sulsel. Utamanya di perdesaan untuk menggeliatkan pertumbuhan ekonominya,” terang Nurdin.

Wakil Presiden Eksekutif Telkom Regional VII KTI (Sulawesi, Maluku dan Papua) Aris Dwi Tjahjanto menjelaskan, pihaknya siap menyinergikan apa-apa yang menjadi program Gubernur Sulsel dalam bidang teknologi informasi.

Aris optimistis, meski secara resmi penawaran belum dimasukkan, tetapi manajemen Telkom menyatakan telah siap secara umum untuk prasyarat pendukung. Salah satunya pemenuhan serat optik di Sulsel.

“Sampai saat ini pemasangan fiber optic sudah hampir terpenuhi di semua wilayah untuk layanan dan infrastruktur di Sulsel. Bahkan sudah sampai di Pulau Selayar,” ungkap Aris.

Pemenuhan serat optik di Sulsel, kata Aris, akan terus ditingkatkan. Terlebih lagi Sulsel merupakan pintu gerbang perekonomian di kawasan timur Indonesia, di mana peranan dan posisinya dinilai sangat vital untuk menopang perekonomian di timur Indonesia.

Dia menyebut nantinya dilakukan kajian yang mendalam untuk pengelolaan smart city. Hal itu penting dilakukan untuk melihat ketepatan cetak biru, faktor sukses dan strategi penerapan smart city. Harapannya, kata Aris, implementasinya bisa berdampak cepat pada peningkatan kualitas pelayanan kota.

Dia menyatakan, Telkom sebagai penyedia infrastruktur teknologi dan layanan digital selalu siap mendukung pemerintah daerah dalam percepatan smart city.

“Kami tinggal menyinergikan, dengan program Pak Gubernur yang menurut kami sangat visioner untuk mendorong kabupaten/kota di Sulsel menjadi smart city,” jelas Aris.

Editor: Roni Yunianto

Berita Terkini Lainnya