Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tarif Cukai Tidak Naik, APTI: Semoga Tidak Bermuatan Politis

Asosiasi Petani Tembakau Indonesia mengapresiasi langkah pemerintah yang tidak menaikan tarif cukai rokok 2019 dan menunda penerapan kebijakan penyederhanaan atau simplifikasi tarif tersebut.
Buruh tani mengangkat daun tembakau hasil panen di Bolon, Colomadu, Karangayar, Jawa Tengah, Senin (4/9)./ANTARA-Mohammad Ayudha
Buruh tani mengangkat daun tembakau hasil panen di Bolon, Colomadu, Karangayar, Jawa Tengah, Senin (4/9)./ANTARA-Mohammad Ayudha
Bisnis.com, JAKARTA – Asosiasi Petani Tembakau Indonesia mengapresiasi langkah pemerintah yang tidak menaikkan tarif cukai rokok 2019 dan menunda penerapan kebijakan penyederhanaan atau simplifikasi tarif tersebut.

Asosiasi pun berharap keberpihakan pemerintah ini tidak hanya didasari pada momen politik, tetapi sungguh berkelanjutan demi kemaslahatan para petani tembakau.

Ketua Dewan Pimpinan Nasional Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (DPN APTI) Agus Parmuji mengapresiasi keputusan yang diambil berdasarkan rapat kabinet yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo di Istana Presiden Bogor, Jumat (2/11/2018).

Dengan begitu, tarif cukai rokok tetap sama dengan tarif pada 2018. Menurutnya, keputusan itu merupakan bukti keberpihakan pemerintah pusat terhadap keberlangsungan hidup ekonomi petani tembakau nasional.

“Kalangan petani tembakau menyampaikan rasa terima kasih kepada pak Jokowi yang masih memperhatikan sektor pertembakauan sebagai salah satu aset strategis nasional,” katanya dalam keterangan resmi, Rabu (7/11/2018).

Agus mengatakan sebelumnya kalangan petani yang resah dengan rencana pemerintah tersebut telah menyuarakan aspirasinya kepada pemerintah pusat. APTI melayangkan surat ke pemerintah, mulai darri Menteri Sekretaris Kabinet Negara, Menteri Pertanian, gubernur di masing-masing sentra tembakau, dan pemerintah kabupaten.

Melalui surat tersebut, pihaknya menghimbau presiden dan Menteri Keuangan Sri Mulyani agar tidak menaikkan tarif cukai pada 2019 dan menunda aturan simplifikasi tarif cukai yang tertuang dalam PMK No. 146/2017 tentang Tarif Cukai Hasil Tembakau.

“Semoga dengan tidak naiknya cukai tembakau di tahun 2019 akan sangat berdampak terhadap penyerapan bahan baku nasional,” ujarnya.

Di samping itu, kalangan petani tembakau pun berharap semoga keputusan pemerintah pusat tidak bermuatan politis, melainkan murni ketulusan pemerintah.

Agus mengatakan pihaknya berharap keberpihakan pemerintah pusat juga terus berlanjut dengan membuat kebijakan yang memayungi dan membentengi  sektor pertembakauan nasional.

Salah satunya regulasi terkait pembatasan impor tembakau. APTI meminta pemerintah untuk  menganjurkan ke semua industri tembakau  baik nasional maupun multinasional  yang sudah  memasarkan produknya di Indonesia agar semua bisa berkompetisi untuk membeli tembakau nasional di musim panen.

“Kebeperpihakan pemerintah terhadap sektor pertembakauan akan berdampak terhadap keberlangsungan dan kemakmuran rakyat tembakau, karena ketika rakyat petani makmur negara tidak mungkin akan hancur,” tambah Agus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper