Parade Surabaya Juang Ditarget Datangkan 10.000 Wisatawan

Oleh: Peni Widarti 06 November 2018 | 21:30 WIB
Parade Surabaya Juang Ditarget Datangkan 10.000 Wisatawan
Monumen Tugu Pahlawan di Surabaya./Istimewa

Bisnis.com, SURABAYA – Pemerintah Kota Surabaya menargetkan bisa mendatangkam 10.000 wisatawan pada saat menggelar agenda tahunan Parade Surabaya Juang.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya, Antik Sugiharti mengatakan Parade Juang yang akan berlangsung pada Minggu 11 November 2018 ini akan dikemas berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena akan mengangkat tema pahlawan nasional.

"Tahun-tahun sebelumnya kami hanya menampilkan pahlawan Surabaya, tapi kali ini akan hadir pahlawan nasional," katanya dalam rilis, Selasa (6/11/2018).

Dia memastikan, kegiatan yang akan berlangsung mulai pukul 07.30-11.00 WIB dimulai dari depan Viaduk atau pintu keluar Tugu Pahlawan yang akan diawali dengan penampilan perang Viaduk.

Parade ini akan dibuka dengan tokoh pahlawan M. Yasin yang menyerahkan bendera merah putih kepada Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, selanjutnya Wali Kota Risma menyerahkan kepada tim paskibraka.

“Parade ini akan start dari Tugu Pahlawan dan finish di Taman Bungkul. Dalam rute parade ini, ada 8 spot pertunjukan yang bisa dinikmati oleh warga Surabaya, setiap spot itu menampilkan pertunjukan yang berbeda-beda, mulai dari teatrikal, musik atau pembacaan puisi,” jelasnya.

Adapun 8 spot tersebut di antaranya adalah Tugu Pahlawan yang akan menampilkan perang Viaduk dan musik yang memainkan lagu-lagu perjuangan, disusul Siola akan ada pertunjukan teatrikal dan paduan suara, lalu disambung di Hotel Majapahit ada pengibaran bendera merah putih yang dilakukan oleh Wali Kota Risma dan Forpimda.

Pada bagian depan gedung Grahadi akan ada pidato Gubernur Suryo, di Bambu Runcing ada teatrikal dan musik-musik, dilanjutkan monumen Polisi Istimewa ada perang mastrip, dan spot terakhir SMA Santa Maria dan Taman Bungkul.

Antik menambahkan Parade Juang kali ini akan diikuti oleh 10.000 an peserta, baik dari jajaran Pemkot Surabaya hingga jajaran kecamatan dan juga peserta dari luar daerah.

Selain itu akan melibatkan 350 tim teatrikal, 10 kendaraan militer ANOA, 70 Jeep dari berbagai daerah dan juga 20 sepeda motor kuno.

Ketua Komunitas Surabaya Juang, Herry Lentho menambahkan, Parade Surabaya Juang merupakan hari rayanya pecinta sejarah di seluruh Indonesia ini.

"Surabaya ini mendapatkan gelar Kota Pahlawan, sehingga pecinta sejarah dari berbagai daerah di Indonesia akan datang ke Surabaya. Jadi, Surabaya akan menjadi tuan rumah untuk menebarkan nilai-nilai kepahlawan di Indonesia," ujarnya.

Editor: Miftahul Ulum

Berita Terkini Lainnya