Musim Kawin, Permintaan Mahar dan Hantaran Laris Manis

Oleh: Arief Rahman 02 November 2018 | 22:05 WIB
Musim Kawin, Permintaan Mahar dan Hantaran Laris Manis
Owner Banjar saat mengerjakan order mahar dari konsumen/Arief Rahman

Bisnis.com, BANJARMASIN- Banyaknya even pernikahan jelang momen akhir tahun, membuat pebisnis mahar dan hantaran kebanjiran order sebulan terakhir.

Salah satu pebisnis mahar dan hantaran di Banjarmasin M Haris mengungkapkan, sudah sejak sebulan terakhir order mahar dan hantaran yang ada ditempatnya naik hingga 30 persen.

"Sudah sebulan ini baik order mahar dan hantaran naik sekitar 30 persen. Kenaikan order ini diperdiksi akan terus berlanjut hingga akhir tahun nanti," ucap Owner Banjar Mahar tersebut, Jumat (2/11/2018).

Untuk jenisnya sendiri yang paling laku untuk mahar di dominasi oleh jenis simple dan siluet. Sedangkan untuk Mahar di dominasi oleh jenis Rustic dan Simple.

"Adapun harganya sendiri bermacam-macam, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Tergantung dari kerumitan pembuatan dan bahan yang akan dipakai," tambahnya.

Sementara itu, Pebisnis Mahar dan Hantaran Lainnya di Banjarmasin, Noor Hilalyah Atasaji juga mengakui, ada kenaikan order mahar dan hantaran sebulan terakhir ini hingga 20 persen dibanding hari biasa.

Walau mengalami kenaikan order, namun menurutnya tidak terlalu mendatangkan keuntungan yang signifikan. Hal ini karena naiknya biaya pengiriman dan bahan baku akibat menguatnya mata uang Dollar terhadap Rupiah.

"Sekarang ini akibat Dollar naik, biaya produksi membengkak hingga 20 persen. Membengkaknya biaya ini tidak bisa membuat kita langsung menaikkan harga, karena bisa membuat konsumen lari karena kemahalan" tukas Owner Bungas Mahar dan Hantaran ini.

Editor: Mia Chitra Dinisari

Berita Terkini Lainnya