Bidik Premi Rp800 Miliar, Equity Gandeng Bank Jatim

Oleh: Peni Widarti 29 Oktober 2018 | 17:50 WIB
Bidik Premi Rp800 Miliar, Equity Gandeng Bank Jatim
Presiden Direktur Equity Life, Samuel Setiawan (kiri) dan Direktur Utama Bank Jatim R. Soeroso (kedua dari kiri) saat menjalin kerja sama bancassurance di Surabaya, Senin (29/10/2018)/Peni Widarti

Bisnis.com,  SURABAYA - PT Equity Life Indonesia menggandeng PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (Bank Jatim) untuk menawarkan produk bancassurance sebagai bagian dari upaya mengejar premi tahun ini sebesar Rp800 miliar.

Direktur Marketing Equity Life Indonesia Tania Chandra mengatakan hingga saat ini kerja sama bancassurance Equity sudah dilakukan dengan 8 bank, sebanyak 4 bank di antaranya merupakan BPD.

"Kerja sama dengan Bank Jatim sebagai bank regional ini merupakan langkah kita untuk masuk ke Jatim karena lebih tau kebutuhan asuransi yang diperlukan nasabahnya," katanya seusai penandatanganan kerja sama Equity - Bank Jatim, Senin (29/10/2018).

Dia mengatakan saat ini kontribusi perolehan premi asuransi Equity dari produk bancassurance sekitar 15%. Melalui kerja sama dengan sejumlah bank, diharapkan kontribusi bancassurance bisa meningkat menjadi 30%.

Menurut Tania, pertumbuhan bancassurance dalam beberapa tahun terakhir cukup pesat rerata 15% per tahun. Sedangkan asuransi melalui agensi, ritel dan komunitas, pertumbuhannya tidak sebesar bancassurnace.

"Secara keseluruhan pembelian asuransi semuanya growing, tapi kami melihat 4 tahun terakhir pembelian asuransi jiwa mulai beralih ke bank. Sekarang orang mau beli asuransi bukan ke agensi tapi pergi bank," jelasnya

Tania menambahkan, dari total target perolehan premi tahun ini, hingga September 2018 sudah terealisasi 70%. Diharapkan, melalui bancassurance, sampai akhir tahun target tersebut bisa tercapai.

Adapun 2 produk bancassurance yang ditawarkan Equity melalui Bank Jatim di antaranya adalah Asuransi Jiwa Proteksi Multi Sejahtera yakni nasabah mendapatkan perlindungan jiwa seumur hidup dengan pertanggungan yang besar dan kepastian nilai tunai dengan minimum pembayaran premi Rp100.000/bulan.

Serta produk kedua, Asuransi Jiwa Proteksi Multi lnvesta yakni memberikan manfaat perlindungan seumur hidup dengan kepastian nilai tunai, selain imbal hasil investasi ditambah juga serangkaian manfaat tambahan seperti perlindungan penyakit kritis, perlindungan selama melakukan ibadah umroh serta perlindungan apabila terjadi perampokan pada saat melakukan transaksi di ATM/teller bank.

Presiden Direktur Equity Life, Samuel Setiawan menambahkan kedua produk tersebut dirancang secara khusus sesuai dengan karakteristik, profil, dan kebutuhan perencanaan keuangan masyarakat Jawa Timur.

"Kami berharap kedua produk ini dapat meningkatkan kualitas hidup juga memastikan keberlangsungan masa depan keluarga yang lebih baik,” imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama Bank Jatim, R. Soeroso mengatakan kerja sama bancassurance ini juga diharapkan turut mendongkrak kinerja fee base income Bank Jatim yang ditarget bisa berkontribusi sekitar 25%.

"Sebelumnya kami juga sudah melakukan kerja sama bancassurance dengan sejumlah perusahaan asuransi seperti Jiwasraya dan Sinarmas untuk mendongkrak fee base income," imbuhnya.

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya