Tes CPNS di Jember Molor Enam Jam

Oleh: Newswire 26 Oktober 2018 | 13:43 WIB
Tes CPNS di Jember Molor Enam Jam
Peserta duduk di ruang tunggu sebelum mengikuti ujian seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Gedung Serbaguna Kaliwates, Jember, Jawa Timur, Jumat (26/10/2018)./Antara-Seno

Bisnis.com, JEMBER – Pelaksanaan tes tulis seleksi kompetensi dasar calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Gedung Serbaguna Kabupaten Jember, Jawa Timur, Jumat (26/10/2018), molor enam jam dari jadwal.

Sesuai jadwal, peserta CPNS tahap pertama seharusnya mengikuti tes ujian seleksi kompetensi dasar pada pukul 08.00 WIB, namun panitia mengumumkan penundaan hingga pukul 14.00 WIB.

"Tes tulis ditunda karena faktor teknis koneksi jaringan internet yang belum selesai. Kami memutuskan untuk menundanya daripada nanti ada masalah di tengah jalan saat tes tulis berlangsung," kata Koordinator Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) Nur Hasanah di Gedung Serbaguna Jember.

Menurutnya, seluruh komputer yang disiapkan panitia di lokasi tes tulis tidak ada masalah dan spesifikasinya sudah sesuai, namun hanya persoalan penyambungan jaringan dan koneksi internet yang bermasalah.

"Kalau kendala teknis itu dipaksakan, maka dikhawatirkan hal itu dapat merugikan peserta ujian tes tulis CPNS. Jadi, lebih baik mundur beberapa jam, karena tes tulis tersebut memerlukan koneksi jaringan internet," katanya.

Ia mengatakan, penundaaan tes tulis itu bukan karena mepetnya persiapan panitia, namun murni kendala teknis di lapangan dari vendor PT Sucofindo dan pihak panitia memastikan bahwa persoalan teknis harus diselesaikan dulu.

"Penundaan tes tulis tidak hanya terjadi di Kabupaten Jember pada hari ini, namun di beberapa daerah di Jatim yang menggelar tes tulis, seperti di Malang dan Kediri," ucap panitia yang berasal dari BKN tersebut.

Nur Hasanah menyampaikan pengumuman penundaan tes tulis tersebut secara resmi kepada peserta CPNS tahap pertama yang sudah datang sejak pagi dan meminta maaf kepada peserta yang memenuhi halaman Gedung Serbaguna Jember.

"Untuk ujian tes tulis CPNS tetap dilakukan selama empat sesi dengan total peserta 1.000 orang, namun hanya jadwalnya yang molor karena dimulai hingga pukul 14.00 hingga 22.00 WIB," katanya.

Berdasarkan data panitia, jumlah peserta yang mengikuti tes tulis CPNS Pemkab Jember sebanyak 10.799 orang yang dijadwalkan mengikuti ujian sejak 26 Oktober hingga 3 November 2018.

Kabupaten Jember menjadi lokasi tes tulis bagi peserta CPNS di sejumlah kabupaten/kota di wilayah eks Keresidenan Besuki Raya, yakni Kabupaten Bondowoso, Situbondo, Kabupaten Probolinggo, dan Kota Probolinggo.

Sumber : Antara

Editor: Miftahul Ulum

Berita Terkini Lainnya