Trafoindo dan Siemens Bentuk Perusahaan Patungan

Oleh: Yunan Hilmi 26 Oktober 2018 | 14:17 WIB
Trafoindo dan Siemens Bentuk Perusahaan Patungan
Penandatanganan kerja sama antara Siemens dan PT Trafoindo Prima Perkasa

Bisnis.com, JAKARTA- Siemens dan PT Trafoindo Prima Perkasa (Trafoindo), perusahaan transformer swasta yang berbasis di Jakarta, bersepakat untuk melakukan kemitraan strategis dengan membentuk joint venture (JV) untuk pembuatan transformator daya.

Perusahaan ini diberi nama PT Trafoindo Power Indonesia yang merupakan joint venture antara Trafoindo dan Siemens. Siemens memiliki saham minoritas sebesar 49% dan Trafoindo memiliki 51% dari joint venture ini. Fasilitas produksi akan mengambil lokasi di area pabrik Trafoindo, Tangerang, Jakarta, Indonesia.

Pada tahap awal, perusahaan ini akan membuka sebanyak 200 lapangan pekerjaan. Produksi awal ditargetkan mulai di 2019 dengan kapasitas produksi tahunan sekitar 200 unit. Perusahaan ini akan memproduksi serta menjual transformator tenaga berdaya sedang untuk perusahaan utilitas, produsen listrik independen, produsen energi terbarukan dan sektor industri. Perusahaan ini diharapkan dapat mulai beroperasi pada kuartal terakhir tahun 2018.

“Indonesia memiliki kebutuhan listrik yang tinggi yang dipicu oleh pertumbuhan poupulasi serta standar kehidupan yang juga terus meningkat, hal ini berdampak pada aktivitas urbanisasi dan industrialisasi yang besar,” ungkap Beatrix Natter, CEO dari Unit Bisnis Produk Transmisi di Divisi Manajemen Energi Siemens AG, dalam siaran pers hari ini (26/10).

Melalui kerja sama dengan mitra terkemuka seperti Trafoindo, lanjutnya, Siemens merasa yakin untuk masuk ke pasar Indonesia yang dinamis dengan menyediakan teknologi transformator yang inovatif dari Siemens.

Beatrix menambahkan langkah ini sejalan dengan semangat untuk memperkuat kapasitas industri Indonesia serta visi Siemens untuk mendukung lokalisasi dan meningkatkan peran strategis Indonesia dalam rantai pasokan global.

Trafoindo adalah sebuah pabrikan trafo distribusi dan produk-produk terkait terkemuka di Indonesia untuk jaringan distribusi listrik. Sejak tahun 1981, Trafoindo secara konsisten menerapkan teknologi manufaktur dan solusi teknis terkini untuk mendukung pertumbuhan pesat dalam elektrifikasi, urbanisasi dan digitalisasi.

Saat ini, Trafoindo merupakan salah satu produsen trafo terintegrasi terbesar di Indonesia yang melayani utilitas dan berbagai segmen industri. Dengan empat fasilitas manufaktur khusus dan infrastruktur rekayasa yang kuat untuk pengembangan produk, kontrol kualitas dan layanan teknis end-to-end, perusahaan terus memperluas jangkauannya ke industri dengan spesifikasi tinggi seperti industri minyak dan gas, pertambangan, transportasi publik dan pusat data.

“Kami merasa senang dapat menjalin sebuah kemitraan yang strategis dengan perusahaan terkemuka seperti Siemens dalam rangka melayani pasar transformator daya,” ungkap Suryono Limputra, Presiden Direktur Trafoindo.

Hal ini, lanjutnya, sejalan dengan strategi bisnis Trafoindo. Selain melayani utilitas publik dan sektor swasta Indonesia, juga menargetkan untuk menangani permintaan regional melalui perusahaan patungan ini.

Editor: Yunan Hilmi

Berita Terkini Lainnya