Indonesia dan Malaysia Sepakati Program Pertukaran Kepala Desa

Oleh: Muhammad Ridwan 25 Oktober 2018 | 20:33 WIB
Indonesia dan Malaysia Sepakati Program Pertukaran Kepala Desa
Mendagri Tjahjo Kumolo (kiri) dan Menteri Pembangunan Luar Bandar Malaysia Datuk Seri Rina Mohd Harun (kanan) saat memberi penjelasan kepada wartawan, Kamis (25/10/2018)./Bisnis-Muhammad Ridwan

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Malaysia melalui Kementerian Pembangunan Luar Bandar Malaysia (Kementerian Desa) menyepakati kerja sama dengan Indonesia untuk meningkatkan kualitas kepala desa.

Dalam lawatannya ke Indonesia, Menteri Pembangunan Luar Bandar Malaysia Datuk Seri Rina Mohd Harun bertemu dengan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo di Kantor Kemendagri, Jakarta. Sebelumnya Datuk Seri Rina bertemu Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Rina Harun mengatakan bahwa Malaysia dan Indonesia menyepakati kerja sama pertukaran kepala desa.

“Hari ini kita berbincang tentang latihan untuk kepala-kepala desa di Indonesia dan juga di Malaysia karena kita fikir itu sangat penting, quality pemimpin di desa-desa ini. jadi kita akan mengadakan pertukaran perbincangan di antara Indonesia dan Malaysia,” ujarnya di Kantor Kemendagri, Jakarta, Kamis (25/10/2018).

Rina menjelaskan pada tahap pertama Malaysia akan mengirimkan 50 kepala desa ke Indonesia.

Sementara itu, Mendagri Tjahjo Kumolo menyambut baik pertemuannya dengan Rina, Menurut Tjahjo Malaysia sebagai negara sahabat perlu adanya kerja sama di antara kedua negara dan saling bertukar pendapat terutama untuk daerah perbatasan.

“Para kepala desa teladan yang kami pilih untuk tahap pertama akan dikirim berkunjung ke Malaysia, saling belajar, apalagi budaya dan tradisi hampir sama, bagaimana tata cara pengelolaannya akan lebih bagus,” ujarnya.

Editor: Saeno

Berita Terkini Lainnya