Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

CPNS 2018: Ini "Bocoran" Kisi-Kisi Materi Ujian Seleksi Kompetensi Dasar

Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) akan digelar pada 26 Oktober hingga 17 November 2018.
Peserta seleksi CPNS, mengikuti computer assisted test (CAT)./depok.go.id
Peserta seleksi CPNS, mengikuti computer assisted test (CAT)./depok.go.id

Bisnis.com, JAKARTA - Para pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil 2018 yang sudah dinyatakan lulus seleksi administrasi di instansi (Kementerian,Lembaga,Daerah/K/L/D), bakal menghadapi serangkaian tantangan sesungguhnya.

Salah satunya, mereka akan mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)  pada 26 Oktober hingga 17 November 2018.

Panitia Seleksi CPNS Nasional (Panselnas) 2018 telah mengumumkan sebanyak 1.751.661 pelamar dinyatakan memenuhi syarat administrasi untuk mengikuti SKD.

Para pelamar yang lulus seleksi administrasi tersebut merupakan bagian dari 3.782.685 pelamar yang sudah memilih instansi dan sebanyak 3.627.981 pelamar sudah menyatakan submit.

Mereka yang baru kali ini mengikuti tes, mungkin merasa was-was dan ingin tahu materi apa saja yang akan diujikan dalam SKD tersebut.

Melalui akun-nya di Instagram dan Twitter, Badan Kepegawaian Negara (BKN) memberikan "bocoran" tentang kisi-kisi SKD tersebut.

Simak ulasan singkatnya berikut ini:

Dalam Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) terdapat 3 aspek yang diuji, yaitu:
1. Tes Karakteristik Pribadi (TKP)
2. Tes Intelegensia Umum (TIU)
3. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Tes Karakteristik Pribadi bertujuan melihat kemampuan beradaptasi, bekerja secara tim, IT, pelayanan, karakter, integritas, kemampuan menahan sebaran hoax, SARA, dan lain-lainnya.

Selanjutnya Tes Intelegensia Umum dibuat untuk mengukur seberapa cakap para pelamar dalam logika, verbal, figural & analisis, memecahkan masalah dengan inovasi baru.

Untuk Tes Wawasan Kebangsaan, para pelamar akan diuji tentang hal seperti Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Wawasan Nusantara, Persatuan dan Kesatuan Bangsa.

Setelah SKD, pelamar yang dinyatakan lulus berhak mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang akan dilaksanakan pada 22-28 November 2018. Adapun pengumuman akhir direncanakan disampaikan sekitar pekan pertama Desember 2018.

Sebagaimana diketahui, total formasi yang tersedia dan bakal diperebutkan oleh pelamar berjumlah 238.015, terdiri dari 51.271 Instansi Pusat (76 Kementerian/lembaga) dan 186.744 (525 Instansi Daerah).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yusran Yunus
Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper