Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hero Group, BPOM dan Kemendag Bersinergi Terapkan Good Retail Practices

Kepala BPOM, Dr. Ir. Penny K. Lukito, MCP menyampaikan bahwa pengawasan pangan modern saat ini lebih menitikberatkan pada tanggung jawab pelaku usaha dalam menjamin keamanan, mutu,khasiat dan manfaat produk. 

Bisnis.com, JAKARTA - Kepala BPOM, Dr. Ir. Penny K. Lukito, MCP menyampaikan bahwa pengawasan pangan modern saat ini lebih menitikberatkan pada tanggung jawab pelaku usaha dalam menjamin keamanan, mutu,khasiat dan manfaat produk. 

 “Hal ini sejalan dengan prinsip ke-4 dari National Food Control System yang dikeluarkan oleh Codex Allimentarius Commission (2013) bahwa pelaku usaha pangan merupakan pemeran dan penanggung jawab utama dalam menjamin keamanan produknya dan berkewajiban untuk mengawasi produknya agar secara konsisten memenuhi ketentuan.” ujarnya dalam Forum Diskusi dengan tema “Penerapan Keamanan Pangan dan SNI untuk Mencapai Good Retail Practices" seperti dikutip dalam siaran persnya.

Diskusi ini sebagai bentuk komitmen untuk selalu menjaga keamanan produk dan patuh terhadap regulasi pemerintah yang berlaku, PT Hero Supermarket Tbk ("HERO Group")bekerjasama dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Kementerian Perdagangan RI.

Turut hadir pada acara ini Dr. Ir. Penny K. Lukito, MCP, Kepala BPOM  yang membuka acara dihadapan Ipung Kurnia, Presiden Komisaris PT Hero Supermarket Tbk beserta jajaran Direksi dan karyawan HERO Group.

Para peserta diskusi dibekali dengan materi Keamanan Pangan oleh Ir. Tetty Helfery Sihombing MP, Direktur Pengawasan Pangan Risiko Tinggi dan Teknologi Baru BPOM, serta materi tentang Standar Nasional Indonesia (SNI) oleh Ir. Frida Adiati, MSc, Direktur Standardisasi dan Pengendalian Mutu Kementerian Perdagangan.

Direktur PT Hero Supermarket Tbk, Hadrianus Wahyu Trikusumo mengatakan ingin  menghadirkan toko-toko yang dapat dipercaya oleh pelanggan, salah satu caranya adalah dengan menjaga kualitas dan keamanan produk karena pelanggan adalah fokus utama mereka.

"Oleh karena itu,  kami berterima kasih kepada BPOM dan Kementerian Perdagangan yang telah mendukung kami dalam menguatkan pemahaman terkait regulasi yang berlaku sehingga kami dapat lebih memahami dan mengaplikasikan dalam kegiatan operasional sesuai Good Retail Practices," ujarnya.

Langkah berikutnya kegiatan HERO Group dengan BPOM ini juga akan dilaksanakan di 6 kota lainnya yaitu : Jakarta, Lampung, Surabaya, Semarang, Makassar dan Banjarmasin. Dimana pada kegiatan tersebut akan dihadiri oleh para Store Manager Giant dan Hero Supermarket dari berbagai daerah di Indonesia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper