Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sambangi Rumah Ketua DPRD DKI, M Taufik Gerindra Lobi Posisi Wagub

Ketua DPD Fraksi Gerindra DKI Jakarta Mohammad Taufik menemui Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi di rumah dinas Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat.
M Taufik/Antara
M Taufik/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua DPD Fraksi Gerindra DKI Jakarta Mohammad Taufik menemui Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi di rumah dinas Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat.

Pertemuan tersebut guna membahas posisi Taufik sebagai salah satu calon Wakil Gubernur DKI yang akan mendampingi Anies Baswedan.

"Saya sowan lah ke Pak Ketua [DPRD DKI]. Kan Gerindra sudah menunjuk saya sebagai cawagub," ujarnya, Selasa (16/10/2018).

Dia menuturkan proses pemilihan Wagub DKI ini sangat bergantung pada DPRD DKI. Pasalnya, setelah masing-masing partai pengusung mengajukan calon, nama tersebut akan dibawa Gubernur Anies Baswedan ke Ketua DPRD DKI untuk di-voting dalam sidang paripurna.

Karena itu, Taufik merasa perlu melakukan lobi dengan cara menemui Prasetio Edi Marsudi untuk meminta restu. Dia pun membeberkan pesan yang didapat dari pertemuan tersebut.

"Arahan Pak Pras silakan ikuti mekanisme dan aturan yang berlaku. Dua nama yang nanti diajukan harus dipilih DPRD DKI," imbuhnya.

Meski demikian, Taufik mengingatkan dua nama yang dicalonkan harus berasal dari dua parpol pengusung Anies-Sandiaga Uno saat Pilkada 2017, yaitu PKS dan Gerindra.

Wacana PKS yang meminta dua calon dari partai tersebut pun tak boleh dilakukan. Nantinya, baik PKS dan Gerindra harus mengajukan dua surat.

"Jadi nanti Gerindra usulkan nama calon dengan kop surat sendiri, begitu pula PKS. Intinya, Pak Ketua ingatkan agar sesuai aturan," jelasnya.

Taufik berharap proses pemilihan Wagub DKI dapat berjalan mulus dan tidak memakan waktu panjang. Apalagi, saat ini Pemprov DKI sedang menyusun rancangan APBD DKI 2019.

"Saya kira enggak akan mundur sampe Pilpres 2019. Insyaallah tahun ini," katanya.

Seperti diketahui, PKS dan Gerindra belum sepakat soal sosok yang akan mendampingi Anies memimpin Ibu Kota.

PKS sudah memiliki dua nama yang akan diajukan sebagai kandidat wagub yaitu Achmad Syaikhu dan Agung Yulianto. Sementara itu, Ketua DPD Gerindra DKI Mohammad Taufik digadang-gadang sebagai calon kuat menggantikan Sandi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper